Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asus Slimbook X401U, Notebook Seharga Netbook

Kompas.com - 29/08/2012, 11:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen komputer Asus dan produsen prosesor AMD, bekerjasama membuat notebook yang dijual seharga netbook. Produk tersebut adalah Asus Slimbook X401U, yang tersedia di Indonesia sejak Juli 2012 dengan harga Rp 3 jutaan.

Dengan harga relatif terjangkau, Slimbook X401U cukup memuaskan untuk kebutuhan komputasi ringan seperti mengetik, memutar lagu ataupun video.

Desain

Slimbook X401U tersedia dalam dua pilihan warna, yakni hitam dan silver. Tubuhnya diselimuti oleh materi plastik. Materi glossy pada bagian punggung layar mudah meninggalkan jiplakan tangan.

Touchpad pada Slimbook X401U cukup luas, jari ini nyaman ketika digunakan untuk bernavigasi. Bernavigasi dengan dua jari ke atas atau ke bawah, berarti Anda melakukan scrolling (menggulirkan) layar. Sedangkan navigasi dengan 3 jari ke bawah, akan membawa Anda ke tampilan desktop.

Touchpad Asus Slimbook X401U - (Kredit: Oik Yusuf/KOMPAS.com)

Tombol-tombol pada keyboard Slimbook X401U kurang empuk. Begitupun daya pantulnya yang kurang mantap, sehingga kurang nyaman ketika dipakai mengetik.

Bagi Anda yang terbiasa mengetik cepat nampaknya akan sering terkecoh ketika menekan tombol Backspace untuk menghapus teks yang salah ketik. Sebab, letak tombol Backspace yang biasanya berada di ujung kanan kedua dari atas ditempati oleh tombol Home. Posisi ini tak jarang mengecoh KompasTekno yang bermaksud menekan Backspace, tapi malah tombol Home yang tertekan.

Slimbook X401U berdimensi 34.4 x 24.1 x 2.40 mm dengan bobot 1,76kg. Lubang pembuangan udara panasnya terletak di sisi kiri dan pada bagian bawah.

Konektivitas

Di sisi kiri notebook hanya tersedia 1 buah port USB 2.0 dan port pengisi daya baterai.

Sisi kiri Asus Slimbook X401U - (Kredit: Oik Yusuf/KOMPAS.com)

Di sisi kanannya, ada port jack audio 3,5mm, 1 buah USB 3.0, HDMI, LAN RJ45, SD card, dan VGA output.

Sisi kanan Asus Slimbook X401U - (Kredit: Oik Yusuf/KOMPAS.com)

Secara teori, keberadaan port USB 3.0 bisa melakukan transfer data 10 kali lebih cepat ketimbang USB 2.0. Sayangnya, proses transfer data ini tidak didukung oleh kecepatan hard disk-nya yang masih 5.400 rpm.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com