Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelurahan dan Rumah Sakit di Jakarta Akan Dipasang WiFi Gratis

Kompas.com - 29/08/2012, 15:17 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana menjadikan Jakarta sebagai kota broadband. Untuk mewujudkannya, Pemprov DKI telah menyiapkan berbagai rencana penunjang, salah satunya adalah penambahan fasilitas Wireless Fidelity (WiFi) gratis.

"Jadi nanti sekitar 2013 atau 2014 kelurahan dan rumah sakit di Jakarta akan dipasangkan WiFi gratis," ujar Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, dan Kehumasan DKI Jakarta Sugiyanta di Jakarta, Rabu (29/8/2012).

Selain dua fasilitas publik itu, Sugiyanta juga mengatakan, di tahun-tahun selanjutnya fasilitas keagamaan juga akan dipasang WiFi gratis.

"Setelah kelurahan dan rumah sakit, sekitar tahun 2015, di masjid-masjid, gereja dan tempat ibadah lainya juga akan dipasangkan," katanya.

Mengenai anggaran yang digelontorkan untuk fasilitas WiFi gratis ini, Sugiyanta mengatakan fasilitas ini merupakan kerjasama Pemprov DKI dengan perusahaan pengguna fiber optic.

"Harganya tidak mahal. Anggaran yang digunakan untuk penyediaan layanan ini diperoleh dari kompensasi melalui kerja sama DKI dengan perusahaan pengguna fiber optic," ujarnya.

Selanjutnya, pihaknya sedang bekerja sama dengan tiga perusahaan pengguna fiber optic. Berdasarkan kesepakatan, ketiga perusahaan tersebut masing-masing wajib menyediakan dua buah core (inti-kesatuan) yang bisa dimanfaatkan untuk layanan publik. Dengan adanya fasilitas ini, ia juga berharap masyarakat Jakarta bisa produktif menggunakan waktunya.

"Jadi kalau misalnya terkena macet di jalan, saat supir menyetir, bos nya bisa sambil WiFi-an. Wartawan juga jadi mudah kirim berita lewat mana saja," tutur Sugiyanta.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengatakan bahwa dalam waktu dekat Pemprov DKI Jakarta akan menyediakan layanan internet gratis di beberapa lintasan busway dengan menggunakan WiFi dan hotspot.

"Layanan WiFi gratis ini dapat dinikmati oleh pengguna internet yang melintasi jalur Air Mancur Bundaran HI-Bundaran Senayan dan lintasan Grogol-Cawang. Sementara baru lintasan itu dulu. Sepanjang jalur tersebut sudah ada hotspot nya," kata Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo seusai Rapat Pimpinan di Balaikota DKI Jakarta pada Senin (27/8/2012) lalu.

Menurut gubernur yang akrab disapa Foke ini, fasilitas WiFi gratis sudah ada di Monas, Taman Menteng, Taman Ayodya, Halte busway Harmoni, Halte busway Dukuh Atas.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com