Kompas.com - 29/08/2012, 16:49 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Samsung diberitakan berencana membundel aplikasi S-Launcher bersama PC all-in-one miliknya yang berbasis Windows 8.

S-Launcher adalah widget berupa "dock" untuk aplikasi yang muncul di desktop yang menyediakan akses ke shortcut dan setting komputer.

Widget ini juga dilengkapi dengan fungsi search untuk mencari program, seperti pada Start menu Windows 7.

Sama seperti taskbar pada Windows 7, pengguna juga dapat menempatkan shortcut untuk aplikasi (docking) pada widget Samsung S-Launcher.

Microsoft sebelum ini mengeluarkan pengumuman bahwa tombol  Start akan dihilangkan dari tampilan user interface Windows 8. Sebabnya, menurut Microsoft, adalah karena fungsi  tombol yang identik dengan Windows sejak Windows 95 tersebut sudah jarang dipakai pengguna.

Pada Windows 8, fungsi tombol Start digantikan oleh "Start Screen" baru yang berisi kolom-kolom shortcut.

Sejumlah vendor -termasuk Samsung- kemudian membuat aplikasi sendiri untuk mengsisi kekosongan fungsi yang ditinggalkan oleh tombol Start tersebut.

Meski praktis, beberapa pihak mengkritik S-Launcher karena tampilannya yang mirip dengan Dock pada sistem operasi Mac OS di komputer-komputer Appple.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.