Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Smartphone Sony, Kenapa Belum Pakai Quad Core?

Kompas.com - 31/08/2012, 11:39 WIB

BERLIN, KOMPAS.com - Smartphone besutan Sony bisa dibilang tertinggal dalam mengadopsi prosesor quad core (empat inti) ketimbang vendor lainnya.

Smartphone flagship terbaru yang baru saja dirilis Sony, Xperia T pun belum menggunakan prosesor quad core.

Sedangkan, Samsung, sudah membekali prosesor quad core di Galaxy S III dan HTC pun sudah melakukan hal yang sama di smartphone One X.

Apa alasan Sony, tidak segera menggunakan prosesor quad core di produk Xperia-nya?

"Xperia terbaru menggunakan prosesor dual core dengan kecepatan 1,5 GHz. Kami telah mengevaluasi, (jumlah core dan kecepatan) ini sudah dapat menghadirkan performa dan efisiensi baterai terbaik, " ujar Calum MacDougall, Head of Xperia Marketing Programme Sony Mobile Communications di Berlin Messe, Jerman, Kamis (30/8/2012).

Menurutnya, kekurangan utama dari quad core adalah baterainya sangat boros.

Sebenarnya, Sony dapat dengan mudah memasang prosesor quad core di Xperia. Namun, Sony lebih mengutamakan kenyamanan pengguna.

"Saat ini, Sony menganggap prosesor dual core merupakan pilihan terbaik bagi pengguna," tambahnya.

Meski demikian, Calumm menyebutkan Sony pasti akan mengadopsi prosesor quad core. Untuk waktunya, Calumm belum bisa menyebutkan kapan kepastiannya.

Menurutnya, Sony sedang mengevaluasi kinerja prosesor quad core hingga cukup efisien untuk Xperia.  "Kami ingin pengguna smartphone Sony mendapatkan yang terbaik, baik performa maupun efisiensi," jelasnya.

Edukasi pasar

Cukup banyak pengguna yang saat hendak membeli smartphone, hanya melihat spesifikasi hardware-nya. Mereka selalu menanyakan prosesor smartphone yang hendak dibeli, apakah dual core atau quad core.

Hal ini diakui oleh Calumm MacDougall. Pria asal Inggris ini menyatakan, banyak pengguna yang lebih mengedepankan jumlah core di smartphone sebagai pertimbangan pembelian.

Padahal belum tentu dengan prosesor kencang tersebut akan sesuai dengan kebutuhannya, tambah Calumm.

Ujung-ujungnya, pengguna harus membayar lebih mahal dari sebuah smartphone "empat otak" yang kemampuannya tak dibutuhkannya.

Untuk ini, tambah Calumm, Sony akan membuat program untuk mengedukasi pasar. Pada program ini, Sony akan menjelaskan mengapa Sony, saat ini, masih menggunakan smartphone dual core.

Selain itu, Sony juga akan menginformasikan ke masyarakat, bagaimana cara memilih smartphone yang sesuai dengan kebutuhannya.

"Namun, ini merupakan bukan hal yang mudah dilakukan. Karena bakal selalu ada pengguna yang hanya melihat jumlah core prosesor sebagai pertimbangan utama," tutup Calumm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com