Galaxy Note 10.1, Makin Lebar untuk Menggambar

Kompas.com - 31/08/2012, 18:41 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

  

oik yusuf/ kompas.com

KOMPAS.com - Perkembangan layar sentuh capacitive seakan menihilkan kebutuhan akan stylus. Tak lagi perlu alat bantu, interaksi dengan gadget bisa dilakukan langsung dengan sentuhan tangan.

Tapi segala jenis sentuhan tangan ternyata belum bisa menggantikan peran pena di atas kertas untuk kebutuhan tertentu. Terutama, tentunya, kebutuhan yang terkait gambar-menggambar seperti desain grafis, olah foto atau sekadar corat-coret ide.

Oleh karena itu, mungkin inovasi terbaik yang pernah dilakukan Samsung pada Android adalah menambahkan stylus pada Galaxy Note. Penambahan stylus yang dilakukan Samsung berbeda dengan yang dilakukan vendor lain. Sejauh ini, S Pen Samsung termasuk yang paling lancar di Android.

Galaxy Note boleh dibilang sukses sebagai sebuah perangkat semi-tablet yang digunakan untuk menggambar. Maka langkah logis selanjutnya adalah memperluas permukaan layarnya: lahirlah Galaxy Note 10.1.

Dengan layar lebih luas, Galaxy Note 10.1 sungguh-sungguh sebuah tablet. Tapi, apakah inovasinya berhenti di sekadar "menambahkan stylus pada Galaxy Tab 2"? Mari simak bersama dalam ulasan KompasTekno ini. (Simak juga video review-nya di bagian bawah tulisan ini)

oik yusuf/ kompas.com


Bentuk dan Desain

Mari mulai dengan bentuk fisiknya. Sepintas, penampakan Galaxy Note 10.1 nyaris tak ada bedanya dengan Galaxy Tab 2 10.1. Kami mencoba perangkat dengan warna putih, namun ia juga tersedia dengan pilihan warna hitam.

Dibandingkan Galaxy Tab generasi pertama desain tablet ini memang sudah banyak mengalami perubahan. Wajahnya kini dihiasi oleh bezel warna aluminium. Pada Galaxy Note 10.1, bezel atas dan bawah lebih tipis dibandingkan di Galaxy Tab 2.

Samsung juga menempatkan speaker pada bagian depan tablet, ini mengurangi kemungkinan speaker tertutup tangan saat digunakan menonton video dan lainnya.

Halaman:
Baca tentang


    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X