Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foxconn Mulai Produksi di Indonesia Natal Tahun Ini

Kompas.com - 31/08/2012, 19:26 WIB
Dimasyq Ozal

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Salah satu perusahaan manufaktur teknologi informasi terbesar asal Taiwan, Foxconn Technology Group, dijadwalkan mulai memproduksi pada 25 Desember 2012 atau pada saat hari raya Natal. Ini disampaikan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan kepada wartawan di kementeriannya, Jakarta, Jumat (31/8/2012).

"Saya diinfokan, pembicaraan antara Indonesia dan Foxconn berlanjut terus dan masih tetap jadwal pembukaan pabrik kecil tahap pertama mereka pada 25 Desember," kata Gita.

Ia juga mengatakan, setidaknya perusahaan yang terkenal sebagai pemanufaktur produk-produk Apple, seperti iPhone dan iPad, diharuskan sudah mulai membangun pabriknya paling lambat awal Oktober tahun ini. Ini guna merealisasikan produksi tahap pertama dan dijadwalkan pula tahap kedua pada pertengahan tahun depan.

"Peletakan batu pertama untuk pabrik kedua yang lebih besar pada pertengahan tahun depan. Dan itu kalau sudah begitu, artinya mereka sudah harus lakukan pembangunan paling lambat September atau awal Oktober," jelas Gita. 

Seperti yang diberitakan sebelumnya, produksi pada tahap pertama, Foxconn akan memproduksi komponen untuk telepon genggam. Dengan begitu, kebutuhan komponen ponsel impor bisa digantikan oleh komponen buatan dalam negeri.

Selain itu, Foxconn menargetkan pembebasan lahan seluas 50 hektare guna merealisasikan pabriknya di Jawa pada tahun ini. Adapun investasinya dengan total nilai diprediksi sebesar 10 miliar dollar AS dan direncanakan dilakukan selama 10 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com