Kompas.com - 02/09/2012, 15:14 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

slashgear.com

KOMPAS.com - Samsung diam-diam memperlihatkan prototipe ultrabook Series 9 di pameran IFA di Berlin, minggu lalu. Walau sama-sama berukuran 13 inci, tak seperti pendahulunya yang hanya memiliki resolusi layar 1600 x 900, ultrabook berbasis Windows 8 ini mengusung display WQHD dengan resolusi sebesar 2560 x 1440.

Tingkat resolusi purwarupa ultrabook Series 9 itu hanya berbeda sedikit dari resolusi layar "retina display" milik MacBook Pro with Retina Display dari Apple yang dipatok sebesar 2880 x 1800. Akan tetapi, karena Series 9 memiliki layar yang berukuran lebih kecil (13 inci, berbanding 15 inci pada MacBook Pro), tingkat kepadatan pixel-nya sedikit lebih tinggi.

samsung_series_9_wqhd_ifa_2012_7-580x402
Prototipe Samsung Series 9 Ultrabook dengan display WQHD (gambar: slashgear.com)

Bedanya denganMacBook Pro with Retina Display, layar resolusi tinggi milik Samsung Series 9 menggunakan matte finish yang meminimalisir pantulan benda-benda seperti lampu pada layar sehingga memudahkan pengguna dalam membaca teks.

Laporan-laporan awal menyebutkan bahwa layar purwarupa Samsung Series 9 ultrabook ini memiliki kecerahan warna dan tingkat brightness yang tinggi. Masih belum diketahui apa nama yang akan digunakan Samsung untuk menyebut teknologi display resolusi tinggi tersebut.

Pihak Samsung juga belum menjelaskan jadwal kemunculan Series 9 dengan layar WQHD di pasaran.

Sementara itu, Apple dikabarkan sedang menyiapkan MacBook Pro with Retina Display versi 13 inci. Salah satu produsen komponen yang disinyalir berperan sebagai salah satu penyedia unit layarnya tak lain adalah Samsung sendiri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.