Insiden Blogger di Jerman, Samsung Minta Maaf

Kompas.com - 04/09/2012, 15:01 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

Richard Dudley/sxc.hu

 

KOMPAS.com - Samsung menyatakan permintaan maaf atas kesalahpahaman yang menyebabkan penulis blog (blogger) India terancam tak bisa kembali ke rumah, setelah Samsung mengajaknya ke pameran IFA 2012 di Berlin, Jerman, akhir Agustus lalu.

Blogger itu adalah Clinton Jeff dari New Delhi. Sebelum berangkat ke Jerman, Jeff menegaskan kepada Samsung bahwa dirinya akan bertugas sebagai reporter, dan tidak melakukan promosi untuk sebuah perusahaan. Samsung menyetujui kesepakatan itu.

Menurut cerita dari situs blog teknologi The Next Web, beberapa pekan sebelum berangkat, para blogger diminta ukuran pakaiannya oleh Samsung. Ternyata, setelah sampai di Berlin, mereka disuruh mengenakan seragam dan menjaga stan Samsung untuk mempromosikan produk kepada pers.

Jeff keberatan atas itu. Seorang perwakilan Samsung dari India mengancamnya melalui telepon, "Anda dapat menjadi bagian dari acara ini dan mengenakan seragam, atau Anda harus membeli tiket sendiri untuk kembali ke rumah dan menanggung biaya hotel mulai saat panggilan telepon ini ditutup."

Pihak Samsung mengatakan hal yang mengancam Jeff di atas adalah kesalahpahaman. Samsung menyalahkan koordinator Samsung Mob!lers yang mengundang para blogger teknologi dari India.

Berikut isi pernyataan tertulis Samsung, seperti dikutip dari situs web teknologi CNet, Senin (3/9/2012).

Samsung Mob!lers merupakan komunitas sukarela pengguna aktif perangkat mobile Samsung, yang menawarkan diri untuk berpartisipasi dalam kegiatan promosi Samsung di seluruh dunia. Dalam konteks ini, semua kegiatan yang mereka lakukan adalah atas dasar sukarela. Tidak ada kegiatan yang dipaksakan dari mereka.

Kami menyesali adanya kesalahpahaman antara koordinator Samsung Mob!lers dengan blogger yang bersangkutan, seperti yang kami ketahui dia tidak cukup diberi arahan tentang sifat kegiatan Samsung Mob!lers di IFA 2012.

Kami menghormati kemerdekaan para blogger untuk mempublikasikan cerita mereka sendiri.

Namun, dalam sebuah email yang diterima The Next Web, perwakilan Samsung mengakui bahwa perusahaannya bersalah atas peristiwa yang menimpa Jeff.

Saya ingin menghubungi Anda dan meminta maaf kepada Anda atas pengalaman di IFA Berlin. Kami membuat Anda mengalami kesulitan yang tidak semestinya, dan kami berusaha untuk memperbaiki situasi.

Jeff pun berhasil melewati kesulitan yang ia alami. Di akun Twitter-nya, Jeff menulis, "Untuk semua orang yang bertanya, aku baik-baik saja, terima kasih. Saya menginap di hotel, saya punya tiket untuk pulang, berkat @nokia yang membantu saya pada menit-menit terakhir."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.