Kompas.com - 04/09/2012, 17:49 WIB
EditorReza Wahyudi

engadget.com

 

KOMPAS.com - Mozilla yang terkenal lewat browser internet Firefox-nya sedang mengembangkan sistem operasi mobile open source yang akan diberi nama Firefox OS.

Perangkat mobile pertama dengan Firefox OS diperkirakan akan dirilis tahun depan.

Gambar tampilan toko aplikasi untuk sistem operasi ini pun sudah muncul dan beredar di internet, salah satunya di situs teknologi Engadget.

Tampilan Marketplace Firefox OS tersebut tampak minimalis dan membagi aplikasi-aplikasi ke dalam beberapa kategori utama untuk mempermudah pencarian.

Seperti kebanyakan toko aplikasi lain, pengguna bisa memilih sebuah aplikasi melihat deskripsi dan rating-nya.

Saat ini, toko aplikasi Firefox OS baru terlihat menyajikan aplikasi-aplikasi berstatus "gratis".

Kemungkinan Mozilla sendiri masih mengembangkan skema harga atau metode pembayaran.

Ke depan, bisa jadi marketplace Firefox OS ini bakal turut dihuni aplikasi-aplikasi berbayar, tergantung tingkat kesuksesan Mozilla dan para partner dalam merengkuh market share nantinya.

Firefox OS adalah penamaan ulang dari proyek "Boot to Gecko" yang pertama kali diumumkan Mozilla pertengahan tahun lalu.

Sistem operasi ini akan memulai debutnya di perangkat-perangkat mobile dan disebut-sebut bisa berjalan lebih kencang dari OS Android milik Google karena beban processing-nya yang ringan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.