Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Rumah Termahal Milik Pengusaha Teknologi

Kompas.com - 05/09/2012, 08:41 WIB

KOMPAS.com — Para pendiri dan pengusaha teknologi sering terlihat hanya mengenakan kaus, celana jins biru, dan sepatu kets. Namun, tunggu dulu, jangan tertipu penampilannya karena mereka adalah para jutawan.

Para pengusaha dan investor teknologi meraih untung besar dari bisnis mereka yang terus menjawab kebutuhan pasar atas solusi komputasi. Tak heran jika mereka bisa membeli rumah, bahkan pulau, dengan harga jutaan dollar AS.

Contohnya pendiri dan CEO perusahaan pengembang game Zynga, Mark Pincus, yang dalam waktu 18 bulan bisa membeli rumah mewah di San Fransisco seharga 16 juta dollar AS.

Yang paling mengejutkan adalah pendiri dan CEO Oracle Larry Ellison, yang membeli Pulau Lanai, sebuah pulau di Hawaii dengan harga 600 juta dollar AS.

Situs Busines Insider menggali informasi rumah-rumah para pengusaha teknologi lalu memperkirakan nilai rumah tersebut berdasarkan catatan penjualan terakhir dan catatan pajak lokal. Busines Insider juga menggali informasi nilai rumah dari sumber lain, seperti situs web jual beli dan perusahaan properti setempat.

1. Rumah pendiri dan CEO Oracle Larry Ellison

1-larry-ellisons-hawaiian-island-of-lanai

Pada Juni 2012, Larry Ellison membeli 98 persen Pulau Lanai, sebuah pulau di Hawaii seluas 141 mil persegi. Meskipun harga akhirnya belum terungkap, ada dugaan Ellison akan membayar sekitar 500 juta atau 600 juta dollar AS.

Ini adalah harga pulau pribadi paling mahal di dunia. Menurut Forbes, kekayaan bersih Ellison mencapai 36 miliar dollar AS.

2. Rumah pendiri Microsoft Bill Gates

2-bill-gates-home-on-lake-washington-xanadu-20

Bill Gates tinggal di rumah mewah seluas 66.000 kaki persegi di Medina, Washington. Rumah ini dijuluki Xanadu 2.0. Berdasarkan catatan pajaknya, rumah ini bernilai 121 juta dollar AS.

Rumah Gates dibangun dalam waktu tujuh tahun dan dibekali teknologi canggih menggunakan sistem komputerisasi.

3. Rumah Investor Yuri Milner

3-yuri-milners-french-chateau-style-silicon-valley-mansion

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com