Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Fans" Jokowi dan Foke "Tarik Tambang" di Media Sosial

Kompas.com - 05/09/2012, 18:18 WIB

Pilkada DKI 2012, aplikasi kecil berbasis web di SocialMeter
JAKARTA, KOMPAS.com — Momen Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta 2012 yang menyisakan pasangan cagub dan cawagub Jokowi-Ahok dan Foke-Narawi masih menjadi perbincangan hangat di sosial media, terutama di Twitter. Untuk mengetahui popularitas para calon, ada sebuah situs web buatan lokal yang menjaring kicauan pengguna Twitter.

Perusahaan digital NoLimit dari Bandung baru saja meluncurkan situs web SocialMeter untuk mengukur aktivitas sosial media, Selasa (4/9/2012). Di dalamnya, ada aplikasi kecil berbasis web yang diberi nama Pilkada DKI 2012. Nah, aplikasi inilah yang menjaring percakapan cagub dan cawagub DKI Jakarta.

Khusus aplikasi Pilkada, NoLimit bekerja sama dengan Rolling Glory.

CEO NoLimit Aqsath Rasyid Naradhipa mengatakan, cara kerja mesin SocialMeter di aplikasi Pilkada hanya menjaring percakapan berdasarkan kata kunci. Ia tidak menjaring positif atau negatifnya sebuah percakapan tentang pasangan cagub dan cawagub.

"Ada banyak kata kunci yang kita pakai di aplikasi Pilkada, antara lain Jokowi, Ahok, Foke, Narawi, Jakarta, dan masih banyak lagi," kata Aqsath saat dihubungi KompasTekno.

Tampilan antarmuka aplikasi situs web Pilkada cukup unik. Persentase popularitas dua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur itu digambarkan melalui dua kelompok yang adu kuat bermain tarik tambang. Kelompok biru mendukung pasangan Foke-Narawi dan kelompok merah mendukung Jokowi-Ahok.

"Di sini pengguna juga dapat melihat tweet-tweet yang berkaitan dengan Pilkada," tambah Aqsath.

Aplikasi Pilkada juga merangkum statistik harian popularitas pasangan cagub dan cawagub Jakarta dengan mengklik tombol Menu. Di sana, Anda dapat melihat siapakah cagub yang paling ramai dibicarakan di Twitter, Jokowi atau Foke?

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com