Gara-gara Tablet, Asus Bakal Stop Produksi Netbook

Kompas.com - 06/09/2012, 12:10 WIB
EditorReza Wahyudi

Asus Eee PC 1025C

KOMPAS.com - Tingginya penjualan perangkat tablet telah membuat beberapa vendor besar berencana untuk segera menghentikan produk netbook.

Produsen hardware asal Taiwan, Asus adalah salah satu nama produsen yang telah bersiap untuk merealisasikan rencana tersebut.
 
Seperti dikutip dari Digitimes, seorang sumber dari industri notebook menyatakan kalau Asus telah siap untuk menghentikan produksi netbook. Asus pun telah bersiap untuk segera keluar dari industri ini, setelah perusahaan asal Taiwan tersebut berhasil menghabiskan produk yang ada.

Jerry Shen, CEO Asustek, telah mengonfirmasikan penghentian produksi dari seri netbook Eee PC yang berbasiskan prosesor Intel Atom, seperi seri N2600.

Alasan penghentian produksi netbook cukup beragam. Selain lebih tingginya hasil penjualan produk tablet dan notebook, permintaan netbook di negara berkembang juga menurun drastis. Penjualan perangkat netbook memang didominasi pasaran negara berkembang.

Sebagai pengganti dari seri netbook ini, Asus berencana untuk mengisi pasaran netbook dengan perangkat tablet seri Transformer.

Saat ini, prosesor Intel Atom memang terus dikembangkan untuk perangkat mobile. Namun, perangkat mobile dengan Intel Atom diyakini tidak mampu menutupi celah yang disebabkan oleh absennya netbook.

Selain Asus, seorang sumber dari DigiTimes menyatakan, Acer pun sudah tidak tertarik melanjutkan produksi netbook. Acer hingga saat ini belum membuat proyek netbook seri baru.

Micro-Star International (MSI) juga sudah tidak memiliki rencana dalam mengapalkan produk berbasis Atom N2800. Lagi-lagi, tingginya permintaan terhadap produk tablet menjadi alasan di balik rencana MSI tersebut. 



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X