Kompas.com - 08/09/2012, 16:25 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Apple dikabarkan telah mengurangi permintaan beberapa komponen chip memori kepada Samsung.

Keputusan ini diambil oleh Apple karena mereka ingin komponen memori yang ada di perangkat mereka semakin beragam.

Samsung merupakan perusahaan pemasok utama bagi Apple. Perusahaan asal Korea Selatan tersebut memproduksi micro-processor, layar, dan chip memori, termasuk dynamic random access memory (DRAM) dan NAND, untuk produk Apple, seperti iPhone, iPad, dan iPod.

Analis dari Bernstein memprediksi, pembelian DRAM dan NAND yang dilakukan oleh Apple kepada Samsung terus berkurang secara signifikan.

Bernstein memprediksi bahwa penjualan kedua komponen tersebut hanya menyumbang 2,5 persen dari seluruh pendapatan Samsung pada tahun 2012 ini.

Bahkan, menurut The Korea Economy Daily, Apple sudah berhenti memesan memori chip dari Samsung. Apple lebih memilih untuk membeli DRAM dari Toshiba dan Elpida Memory. Adapun untuk NAND, Apple mendapatkannya melalui perusahaan asal Korea Selatan, SK Hynix.

Sementara itu, sumber Reuters membeberkan, Samsung masih merupakan pemasok chip memori bagi Apple. "Samsung tetap ada dalam daftar pemasok chip memori (untuk iPhone 5). Namun, permintaan Apple terus saja menurun," kata seorang sumber tersebut.

Seorang sumber yang tidak mau disebutkan namanya menolak spekulasi dari pasar yang menyebutkan kalau keputusan pengurangan permintaan ke Samsung diambil karena adanya pertikaian kedua perusahaan tersebut di pengadilan.

Namun, Samsung tetap merupakan produsen tunggal microchip yang didesain oleh Apple. Oleh karena itu, sangatlah besar risikonya bagi kedua belah pihak untuk benar-benar memutuskan hubungan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.