Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Rekayasa" Hasil Foto Lumia 920, Nokia Kembali Minta Maaf

Kompas.com - 08/09/2012, 17:53 WIB

EngadgetNokia sedang siapkan versi low-end dari smartphone berbasis Windows Phone 8.

KOMPAS.com - Nokia kembali diduga merilis hasil karya Lumia 920, kali ini foto - setelah sebelum video, yang diduga palsu. Seorang blogger bernama Youssef Sarhan, mengungkap kebohongan yang dilakukan Nokia, melalui sebuah postingan di blog-nya.

Setelah bungkam selama beberapa saat, akhirnya Nokia angkat bicara. Nokia pun kembali meminta maaf.

Permintaan maaf Nokia diungkapkan di bagian "Comment" pada sebuah artikel situs teknologi The Verge. John Pope, Direktur Komunikasi Nokia, turun tangan langsung dalam memberikan klarifikasi masalah ini.

nokia-ois-4

Pope membenarkan kalau foto yang ada di atas ini diambil di Helsinki, Finlandia. Foto tersebut diambil oleh seseorang yang kebetulan tengah melintas, dan hasilnya di-posting ke Internet. 

Nokia pun mengaku kalau foto yang ada di atas ini tidak diambil dengan menggunakan Lumia 920. Sekali lagi, Nokia meminta maaf atas kesalahan tersebut.

nokia-ois-1

Untuk menebus kesalahan ini, Nokia akhirnya memberikan hasil foto yang diklaim benar-benar diambil dari Lumia 920. Foto-foto tersebut dapat ditemukan di situs PureView.

Foto-foto yang dipamerkan di situs PureView diambil di Central Park, New York. Foto ini diambil dalam keadaan minim cahaya. Pope mengaku kalau foto tersebut diambil tanpa bantuan lighting dan juga stand (tripod).

Nokia sempat membandingkannya dengan hasil foto "aspal" tersebut dengan smartphone merek lain. Hasilnya? Gambar yang diambil tentu saja terlihat lebih terang dan tajam, jika dibandingkan smartphone lainnya. Salah satu hasil foto tersebut dapat ditemukan di link ini.

Sebelumnya, Nokia pun sudah mengakui kalau mereka tidak menggunakan Lumia 920 dalam mengambil video demo peragaan fitur kamera Lumia 920. Nokia akhirnya meminta maaf atas kejadian ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com