Samsung: Multi-touch Android Tak Secanggih iPhone

Kompas.com - 11/09/2012, 07:46 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Samsung mengakui, cara kerja sistem input multi-touch pada Android tidak sebaik atau secanggih sistem yang sama milik rival beratnya, Apple yang diterapkan di iPhone dan iPad.l

Pernyataan tersebut dikeluarkan di pengadilan Belanda dalam upaya menghindari penarikan dan pelarangan penjualan produk-produk smartphone Android Samsung dalam sebuah sengketa paten dengan Apple.

Pada Jumat (7/9/2012) lalu, Apple menyatakan dalam Pengadilan Den Haag bahwa penjualan perangkat Android Samsung Galaxy harus dihentikan. Pasalnya, lini produk Samsung itu dituduh melanggar paten soal input multi-touch bernama "touch event model."

"Touch event model" berkenaan dengan teknik untuk mencegah pengguna menekan dua tombol secara bersamaan dalam sebuah tampilan layar, misalnya tombol "play" dan "delete" dalam aplikasi musik.

Samsung berargumen bahwa impementasi multi-touch di  Android lebih rumit dan sulit diterapkan oleh developer, dibanding teknologi serupa pada iOS. Mekanismenya juga berbeda, dan karena itu multi-touch pada Android tak melanggar paten Apple.

Meskipun disanjung, Apple menolak mengatakan bahwa kedua teknologi tersebut adalah hal yang berbeda. "Mereka bilang solusi miliknya lebih inferior, tapi itu tidak benar," ujar pengacara Apple Theo Blomme, seperti dikutip dari PCWorld.

Buat Samsung, pelarangan penjualan di Belanda bisa berakibat luas ke seluruh Eropa karena pusat distribusi Samsung terletak di negeri kincir angin tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di samping pelarangan penjualan, Apple menuntut Samsung menarik kembali (recall) perangkat-perangkat Galaxy dengan OS Android 2.3 atau yang lebih baru dari distributor dan pengecer Belanda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.