Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelopor Desain Laptop Modern Tutup Usia

Kompas.com - 11/09/2012, 10:00 WIB

Mayo Nissen / Flickr.comBill Moggridge

KOMPAS.com - Bill Moggridge, seorang pria asal Inggris yang dikenal sebagai desainer komputer jinjing (laptop), meninggal dunia karena kanker pada usia 69 tahun, Sabtu (8/9/2012), di San Fransisco, AS.

Pria bernama lengkap William Grant "Bill" Moggridge ini, lahir di London, 25 Juni 1943.

Grid Compass, adalah karya Moggridge yang paling dikenal. Pada 1979, ia merancang sebuah komputer dengan layar datar yang bisa dibuka dan ditutup di atas keyboard.

Komputer lipat itu baru dirilis ke pasar oleh perusahaan Grid System Corp pada 1982 dengan harga sangat mahal, yakni 8,150 dollar AS.

Kala itu, Grid Compass sering disebut sebagai "komputer dalam tas."

Karena kepraktisannya, Grid Compass yang diselimuti materi campuran logam magnesium, digunakan oleh militer Amerika Serikat dan digunakan oleh NASA dalam misi penerbangan luar angkasa tahun 1985.

Meskipun kala itu ada pihak yang sedang mengembangkan komputer portabel, namun Grid System berhasil memenangkan paten untuk desain komputer dengan layar berengsel yang dapat dilipat ke bagian belakang mesin.

Menurut Alex Bochannek, seorang kurator dari Museum Sejarah Komputer di Mountain View, California, Moggridge terinspirasi membuat Grid Compass karena ia menyadari bahwa panel layar datar, keyboard, dan sirkuitnya bisa dibuat tak saling bertabrakan.

"Dalam hal desain industri, Moggridge punya peran penting. Dia datang dengan bentuk baru," kata Bochannek, seperti dikutip dari The Guardian.

Sampai saat ini, Grid Compass masih tersimpan di Museum Sejarah Komputer, Mountain View, California. Komputer lipat itu terlihat seperti mesin jahit, memiliki pegangan yang besar dan bobot lebih dari 9 kg.

Bochannek menambahkan, komputer karya Moggridge lebih menitikberatkan pada interaksi manusia dengan sebuah perangkat.

Lulusan ilmu Seni dan Desain kampus Central Saint Martins College ini, turut mendirikan perusahaan konsultan desain IDEO di California, dan terakhir bekerja sebagai Direktur Museum Desain Nasional Cooper-Hewitt di New York.

Pada 2010, Moggridge dianugerahi penghargaan desainer Prince Philip 2010 sebagai pengakuan kontribusi luar biasa atas bisnis dan desain untuk masyarakat Inggris.

Moggridge meninggalkan seorang istri bernama Karin (47 tahun), dan dua putra yakni Alex dan Erik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com