Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RX1, Inikah Kamera Saku "Full Frame" dari Sony?

Kompas.com - 11/09/2012, 11:01 WIB

petapixel.com

KOMPAS.com - Gambar-gambar Sony RX1, sebuah kamera saku dengan sensor besar berukuran "full frame", bocor dan beredar di internet.

Lebih tepatnya, sensor pada RX1 disinyalir memiliki ukuran fisik 36 x 24 mm atau setara dengan sensor yang dipakai oleh kamera DSLR kelas profesional.Ukuran ini sama dengan satu frame film tipe 135 (35 mm).

Kamera saku biasanya memiliki ukuran sensor yang lebih kecil dibanding kamera DSLR. Akibatnya, kualitas gambar pun berbeda jauh.
rx1b
Resolusi sensor yang dipakai RX1 kabarnya sama dengan sensor milik kamera full-frame profesional Sony A99 SLT yang akan diluncurkan dalam waktu dekat, yaitu 24 megapixel.

Bukan hanya sensor besar, gambar-gambar yang beredar pun memperlihatkan bahwa Sony memasang lensa berkualitas tinggi Carl Zeiss 35 mm f/2.0 pada RX1.

rx1d

Fitur lainnya termasuk range ISO 100-25,600, continuous shooting 5 FPS, perekaman video HD, bodi magnesium alloy, layar LCD 3 inci, serta opsi aksesoris viewfinder optik dan elektronik.

Kombinasi hal-hal tersebut konon membuat harga RX1 menjadi tidak murah. Situs PetaPixel.com melaporkan bahwa banderol kamera ini mencapai kisaran 2799 dollar AS atau 27 juta rupiah.

Sony diprediksi akan merilis beberapa model kamera baru. Selain RX1, dua model lainnya yang dikabarkan bakal segera meluncur adalah kamera profesional Alpha A99 dan kamera mirrorless NEX-6. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com