Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisnis PC Lesu, Intel Makin Serius Beralih ke 'Mobile'

Kompas.com - 11/09/2012, 11:35 WIB

phonearena.com
KOMPAS.com - Intel sedang berupaya merekrut karyawan-karyawan baru untuk membentuk tim software yang berfokus pada tablet.

Lebih tepatnya, seperti yang tertulis dalam iklan Intel di situs LinkedIn, tim itu akan bertanggung jawab atas arsitektur teknologi, pemasaran, serta urusan-urusan terkait penyalur perangkat dan konsumen.

Orang-orang yang dicari adalah mereka yang memiliki beberapa tahun pengalaman berkenaan dengan Windows, sistem wireless, dan kamera untuk mengisi sejumlah posisi senior dalam tim.

Perekrutan oleh Intel ini, seperti dilansir oleh Reuters, menunjukkan upaya produsen chip tersebut untuk berekspansi ke luar industri PC (komputer desktop) yang sedang lesu.

Intel sendiri adalah pemain besar di Industri PC yang produk prosesornya digunakan di 80 persen PC di seluruh dunia. Akan tetapi, Intel masih tertinggal di belakang Qualcomm Inc dan Samsung Electronics Co Ltd dalam hal adaptasi chip untuk smartphone dan tablet.

Meskipun peran utamanya adalah sebagai pabrikan, Intel menganggap fokus in-house pada software sebagai hal yang penting untuk memastikan chip hasil produksinya bekerja dengan efisien.

Konsumen Intel semakin banyak yang beralih ke perangkat mobile. Intel pun pada Jumat lalu memangkas estimasi pemasukannya pada kuartal ketiga, yang sekaligus mengindikasikan turunnya permintaan terhadap produk-produknya.

Saat ini Intel sudah berbulan-bulan melakukan persiapan untuk  peluncuran tablet Windows 8. Sistem operasi terbaru MIcrosoft yang dijadwalkan meluncur Oktober mendatang itu mendukung  interface touchscreen. Dalam strategi tablet Intel, OS tersebut merupakan salah satu bagian terpenting.

Menurut Chief Executive Intel Paul Otellini, chip mobile Clover Trail milik Intel akan digunakan di lebih dari 20 perangkat tablet Windows 8 yang sedang dikembangkan oleh para vendor perangkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com