Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gamelan DJ, Gabungkan Musik Tradisional dan Modern di Android

Kompas.com - 11/09/2012, 12:43 WIB

Oleh: Adhitya Wibawa Putra - TeknoJurnal

Kini pengembang aplikasi mobile di Indonesia telah berkembang pesat dan telah menghasilkan banyak aplikasi yang berkualitas. Hal ini membuktikan bahwa pengembang aplikasi mobile lokal pun tidak kalah dengan pengembang aplikasi dari luar negeri.

Salah satu aplikasi mobile buatan lokal yang terbaru dan menarik adalah Gamelan DJ, sebuah aplikasi musik yang unik karena merupakan kombinasi alat musik tradisional gamelan dan alat musik modern DJ Deck.

Gamelan DJ merupakan aplikasi musik berbasis Android yang memadukan unsur tradisional dengan modern. Dengan mengusung slogan “Play it Live.. High Quality Samples.. Mix and Mash your beats!”, Gamelan DJ akan membuat kita dapat mencoba sesuatu jenis musik baru yang belum pernah dicoba oleh orang lain.

Saat ini, Gamelan DJ masih dalam versi beta namun sudah menghadirkan beragam alat musik mulai dari synth, drum/beat, bass, acapella serta lead harmonis dari saron pelog gamelan.

Gamelan DJ juga menyajikan beberapa fitur yang berfungsi sebagai tambahan variasi ketika pengguna memainkan Gamelan DJ secara langsung di depan banyak orang.

Navigasi dari aplikasi ini diciptakan sesederhana mungkin agar mudah digunakan dan dioperasikan tanpa memerlukan “pre-setup”  sehingga pemula yang ingin menggunakannya pun akan sangat mudah. Tampilan aplikasinya pun dibuat dengan menarik sehingga pengguna dapat dengan nyaman menggunakan aplikasinya.

Bagi pengguna yang ingin melihat sekilas dari aplikasi Gamelan DJ dapat melihat video berikut ini:

Pengembang aplikasi yang membuat aplikasi Gamelan DJ ini adalah Kwoplink Studio, sebuah studio pengembang aplikasi mobile baru di Jogjakarta. Gamelan DJ ini juga merupakan produk pertama yang dikeluarkan oleh Kowplink Studio.

Ke depannya, Kwoplink Studio sendiri akan terus mengembangkan, menambahkan fitur baru, dan membuat Gamelan DJ di platform lain juga.

Menurut saya aplikasi ini sangat cocok untuk pengguna android yang menyukai musik tradisional maupun modern tapi ingin mencoba gabungan kedua rasa musik tersebut. Pengguna dapat mengunduh aplikasi ini di Google Play atau di situs resmi Kowplink Studio.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com