Google Rilis Aplikasi YouTube untuk iPhone dan iPad

Kompas.com - 12/09/2012, 08:22 WIB
EditorReza Wahyudi

Aplikasi YouTube untuk iOS

 

KOMPAS.com - Google secara resmi merilis aplikasi mandiri YouTube untuk iOS, yang bisa diunduh di App Store sejak Selasa (11/9/2012).

Mulai dari sistem operasi mobile iOS versi 6, YouTube tak lagi menjadi aplikasi bawaan, karena Apple dan Google sepakat mengakhiri kontrak kerja sama.

Puluhan ribu video yang sebelumnya sempat tak bisa dimainkan dari iPhone, iPad dan iPod Touch, kini bisa ditonton, terutama video musik dari perusahaan musik label besar. YouTube untuk iOS juga memberi kemudahan untuk menelusuri setiap channel langganan.

Namun, Anda harus bersiap untuk melihat iklan di YouTube untuk iOS. Karena, kini Google sepenuhnya bertanggung jawab atas pengembangan dan bisnis YouTube di iOS.

Ketika Apple dan Google terikat kontrak (2007 - 2012) membuat YouTube sebagai aplikasi bawaan, Apple tidak mengizinkan Google menjalankan bisnis iklan di YouTube untuk iOS. Ketika kesepakatan berakhir, Google bebas berjualan iklan dan siap mendulang jutaan dollar AS.

Selain YouTube, Apple juga tak lagi menggunakan Google Maps pada layanan peta digital di iOS 6. Sebagai gantinya, Apple bekerja sama dengan beberapa perusahaan pemetaan digital antara lain TomTom, C3 Technologies, dan OpenStreetMap.

Aplikasi YouTube untuk iPhone, iPad, dan iPod touch ini dapat diunduh di App Store melalui link berikut ini.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X