Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia Prediksi 10 Fitur Baru iPhone 5

Kompas.com - 12/09/2012, 15:33 WIB

KOMPAS.com - Beberapa jam menjelang iPhone 5 diluncurkan tanggal 12 September, waktu SanFrancisco, Amerika Serikat semakin banyak rumor beredar tentang smartphone terbaru Apple ini.

Dibanding sebelumnya, rumor-rumor yang tahun ini lebih konsisten. Begitupun dengan gambar-gambar prototipe yang bocor, relatif sama antara yang satu dengan yang lainnya.

Nah, karena itu, sebagaimana dilansir dari PhoneArena, boleh jadi rumor-rumor tersebut memang mewakilkan fitur-fitur iPhone 5 yang sesungguhnya. Apa saja? Berikut ini penjabarannya.

1. Desain Baru

iphone-5-design
(Gambar: PhoneArena.com)

iPhone 3GS tak membawa perubahan desain dari iPhone 3G, begitupun iPhone 4S yang tak berubah bentuknya dibandingkan iPhone 4. Maka, iPhone 5 ramai dikabarkan bakal mengusung desain baru.

Wujud aslinya belum diketahui secara pasti, tetapi dari penampakan beberapa prototipe sebelumnya, iPhone 5 diperkirakan bakal berbentuk lebih tipis dan lebih panjang dibandingkan iPhone 4S. Bagian punggungnya terbuat dari aluminium dan plastik/ kaca yang berwarna sama dengan tubuh bagian depannya.   

2. Layar lebih Besar

iphone-5-screen
(Gambar: PhoneArena.com)

Layar 4 inci pada iPhone 5, menariknya, diberitakan akan berbentuk lebih memanjang dibandingkan iPhone 4S. Artinya, aspect ratio yang selama ini diterapkan pada seri produk iPhone sejak iPhone pertama diluncurkan pada 2007 akan berubah.

Alhasil, aplikasi-aplikasi yang sudah ada saat ini kemungkinan tidak akan berjalan secara full-screen (mengisi seluruh layar) dan para developer-nya harus melakukan pemrograman ulang agar kompatibel dengan layar baru iPhone 5 yang lebih besar dan lebih lebar.

3.  Prosesor A6

iphone-5-processor
(Gambar: PhoneArena.com)

Prosesor yang dipakai di iPhone 5 tak banyak diketahui, tetapi kabarnya smartphone ini akan menggunakan prosesor baru berkode "A6". Ada juga kemungkinan smartphone ini memakai A5X seperti pada New iPad

4. Konektor Dock lebih Kecil dengan 9-pin

iphone-5-port
(Gambar: PhoneArena.com)

Sejak iPhone dan iPad generasi pertama, Apple selalu menggunakan konektor dock dengan 30 pin. Kali ini, sebuah konektor baru dengan jumlah pin lebih sedikit (9 buah) akhirnya disebut akan dipakai oleh iPhone generasi ke 5.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com