Intel Umumkan Prosesor Haswell, Dirancang Lebih Hemat Daya

Kompas.com - 12/09/2012, 16:37 WIB
EditorReza Wahyudi

bbc.com Ukuran inti prosesor Haswell -terlihat di sini sebelum dipisahkan dari wafer silikon- lebih kecil dari sebuah paku


KOMPAS.com -
Saat membuka acara Intel Developer Forum ke-15 di San Francisco, AS, Chief Product Officer (CEO) Intel Dadi Perlmutter memperkenalkan lini prosesor "Haswell" yang akan menjadi penerus seri "Ivy Bridge".

Haswell adalah generasi keempat dari keluarga prosesor "Core" yang dibuat dengan proses fabrikasi 22 nm.

Prosesor baru ini dibuat khusus untuk menghemat daya. Konon, Haswell mampu berjalan sekencang Ivy Bridge tetapi hanya membutuhkan daya listrik yang lebih sedikit.

Salah satu varian Haswell memiliki angka konsumsi daya hanya 10 watt, tapi kinerjanya sebanding dengan Ivy Bridge yang membutuhkan 17 watt.

Hal tersebut memungkinkan diciptakannya komputer mobile yang lebih tipis dan lebih tahan lama. "Daya tahan baterai ultrabook di tahun depan misalnya, akan meningkat menjadi sembilan jam dari lima jam tahun ini," ujar Direktur Pemasaran Produk Notebook Intel Adam King, seperti dikutip dari BBC.

Intel berencana membuat dua versi Haswell, satu versi dengan angka kebutuhan daya 10 watt, dan lainnya dengan angka kebutuhan daya 15 watt. Keduanya masing-masing mampu menghemat daya sebesar 52 persen dan 29 persen dibanding prosesor generasi saat ini.

Belum ada jadwal pasti mengenai kemunculan Haswell ataupun informasi harganya.

Di samping itu, Intel juga menerapkan peningkatan lain pada Haswell berupa kapabilitas pemrosesan grafis yang dua kali lebih baik dibandingkan pada Ivy Bridge.

Pemroses grafis pada Haswell mendukung API Direct X 11.1, OpenGL 4.0, dan OpenCL 1.2. Andalan baru Intel ini sanggup menyalurkan output ke perangkat display 4K atau ke tiga monitor HD sekaligus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.