Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/09/2012, 06:53 WIB

KOMPAS.com — Apple resmi mengumumkan iPhone 5 dalam sebuah jumpa pers yang digelar di San Francisco, AS, Rabu (12/9/2012). Meskipun ini merupakan smartphone generasi keenam buatan Apple, ia diberi nama iPhone 5.

Apple meluncurkan smartphone kali pertama pada 2007, yang diberi nama iPhone. Setiap satu tahun sekali, Apple meluncurkan produk smartphone terbaru. Berikut riwayat produk iPhone dari tahun ke tahun, beserta nama resminya.

Generasi I: iPhone (2007)
Generasi II: iPhone 3G (2008)
Generasi III: iPhone 3GS (2009)
Generasi IV: iPhone 4 (2010)
Generasi V: iPhone 4S (2011)
Generasi VI: iPhone 5 (2012)

iPhone 5 mengalami perubahan desain signifikan. Apple mengubah ukuran layar iPhone 5 menjadi 4 inci dengan aspek rasio 16:9 sehingga bentuk fisiknya terlihat memanjang. Selama 5 tahun, jajaran produk iPhone generasi pertama hingga iPhone 4s selalu dibekali layar seluas 3,5 inci dengan aspek rasio 4:3.

Apple mengklaim bahwa iPhone 5 adalah ponsel tertipis dan teringan di dunia. Ketebalannya hanya 7,6 mm dan bobotnya 112 gram. Tubuhnya masih diselimuti materi kaca dan aluminium, sama seperti iPhone 4 dan iPhone 4S.

Perubahan besar lain yang terjadi pada iPhone 5 ada pada dock konektor yang berubah dari 30 pin menjadi 8 pin. Dock konektor menjadi pusat untuk mengisi daya baterai dan sinkronisasi ke komputer serta aksesori lain. Apple telah menggunakan dock konektor 30 pin sejak 2003 untuk iPod, iPhone, dan iPad.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com