Kompas.com - 14/09/2012, 16:28 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com/Wicak Hidayat Justin Rattner, CTO Intel saat menyampaikan keynote speech-nya di hari terakhir IDF 2012.

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Pada 2002, di ajang Intel Developer Forum (IDF), Chief Technology Officer Intel saat itu -- Pat Gelsinger -- sempat menyampaikan sebuah "tantangan". Tantangan yang memang tidak mudah itu, akhirnya mulai terjawab di IDF 2012.

Hal ini disampaikan Justin Rattner, CTO Intel saat ini, saat menyampaikan keynote speech-nya di hari terakhir IDF 2012. "Satu dekade yang lalu, kami menyampaikan sesuatu yang sulit diwujudkan. Hari ini, tantangan itu sudah berhasil terjawab," ujarnya.

Pada 2001, Gelsinger berdiri di panggung IDF dan menyampaikan visi "Radio Free Intel". Ini adalah visi yang memindahkan seluruh kemampuan radio (WiFi dan sejenisnya) ke dalam satu chip bersama prosesor.

Visi itu menemui hambatan besar, karena sebagian besar dari teknologi radio masih memanfaatkan analog. Sedangkan apa yang terjadi di mikroprosesor adalah hal-hal bersifat digital.

"Saya ingat, pada saat Pat mengungkapkan visi itu, kami semua terdiam. Ini adalah sesuatu yang sangat sulit," kenang Justin.

Justin mengatakan, solusi dari masalah itu akhirnya ditemukan dengan cara menggali kembali fundamental dari radio itu sendiri. "Pada dasarnya, teknologi komunikasi adalah soal matematis. Jadi yang perlu dilakukan adalah memenuhi kebutuhan matematis itu dengan perangkat
digital," ujarnya.

KOMPAS.com/Wicak Hidayat

Maka di panggung itu, Rattner bersama peneliti di Intel Labs mendemokan sebuah radio WiFi yang sepenuhnya digital. Prototipe ini dinamai "Moore's Law Radio", nama yang mengindikasikan bahwa teknologi radio pun pada akhirnya akan bisa mengikuti "Hukum Moore".

Yang berarti, komponen radio akan bisa mengikuti apa yang terjadi di ranah prosesor: semakin kecil, semakin murah dan semakin hemat energi.

Tak cukup sampai di situ, Rattner pun menampilkan konsep Rosepoint. Ini adalah sebuah kepingan SoC yang sudah mencakup dua inti prosesor Atom, kontroler memori, VR, PCI-E, I/O dan lain-lain, ditambah Moore's Law Radio (dalam hal ini fungsinya sebagai WiFi Transceiver).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.