Ditekan Google, Acara Peluncuran 'Smartphone' Acer Bubar

Kompas.com - 15/09/2012, 10:45 WIB
EditorReza Wahyudi

ACER Acer Liquid E.
KOMPAS.com - Acer dan divisi Cloud Computing dari Alibaba Group, firma e-commerce terbesar China, pada Kamis (13/9/2012) yang lalu, dijadwalkan untuk meluncurkan sebuah smartphone.

Sayangnya, rencana tersebut harus dibatalkan di detik-detik akhir menjelang peluncuran. Menurut Alibaba, mereka harus membatalkan acara peluncuran karena adanya tekanan dari Google.

Dikutip dari Reuters, Acer dan salah satu divisi Alibaba seharusnya meluncurkan smartphone CloudMobile A800 di Shanghai pada Kamis sore yang lalu.

Smartphone tersebut menggunakan sistem operasi buatan divisi Cloud Computing Alibaba yang dinamakan Aliyun.

Jurnalis China yang sudah hadir di tempat peluncuran tidak diizinkan untuk masuk. Petugas dari Alibaba Cloud Computing menyatakan acara peluncuran tersebut sudah dibatalkan dengan alasan internal.

Kemudian, perwakilan dari Alibaba tersebut mengumumkan kalau Acer mendapatkan tekanan dari Google dan mereka terpaksa membatalkan acara tersebut.

"Partner kami menerima pemberitahuan dari Google. Jika produk baru dengan Aliyun tersebut benar-benar diluncurkan, Google akan menghancurkan kerjasama produk Android dan otorisasi teknis dengan Acer," kata Alibaba Cloud Computing dalam pernyataannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pihak Acer dan Google menolak untuk berkomentar atas pernyataan Alibaba Cloud Computing tersebut.

China merupakan pasaran smartphone terbesar pada tahun 2012 ini. Sistem operasi Android mendominasi market share sistem operasi mobile di negara tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.