Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditekan Google, Acara Peluncuran 'Smartphone' Acer Bubar

Kompas.com - 15/09/2012, 10:45 WIB

ACER Acer Liquid E.
KOMPAS.com - Acer dan divisi Cloud Computing dari Alibaba Group, firma e-commerce terbesar China, pada Kamis (13/9/2012) yang lalu, dijadwalkan untuk meluncurkan sebuah smartphone.

Sayangnya, rencana tersebut harus dibatalkan di detik-detik akhir menjelang peluncuran. Menurut Alibaba, mereka harus membatalkan acara peluncuran karena adanya tekanan dari Google.

Dikutip dari Reuters, Acer dan salah satu divisi Alibaba seharusnya meluncurkan smartphone CloudMobile A800 di Shanghai pada Kamis sore yang lalu.

Smartphone tersebut menggunakan sistem operasi buatan divisi Cloud Computing Alibaba yang dinamakan Aliyun.

Jurnalis China yang sudah hadir di tempat peluncuran tidak diizinkan untuk masuk. Petugas dari Alibaba Cloud Computing menyatakan acara peluncuran tersebut sudah dibatalkan dengan alasan internal.

Kemudian, perwakilan dari Alibaba tersebut mengumumkan kalau Acer mendapatkan tekanan dari Google dan mereka terpaksa membatalkan acara tersebut.

"Partner kami menerima pemberitahuan dari Google. Jika produk baru dengan Aliyun tersebut benar-benar diluncurkan, Google akan menghancurkan kerjasama produk Android dan otorisasi teknis dengan Acer," kata Alibaba Cloud Computing dalam pernyataannya.

Pihak Acer dan Google menolak untuk berkomentar atas pernyataan Alibaba Cloud Computing tersebut.

China merupakan pasaran smartphone terbesar pada tahun 2012 ini. Sistem operasi Android mendominasi market share sistem operasi mobile di negara tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com