Samsung Biarkan Ativ WP8 dan Galaxy Android Bersaing

Kompas.com - 18/09/2012, 09:06 WIB
EditorReza Wahyudi

SAMSUNG Perangkat mobile keluarga ATIV besutan Samsung. Dari kiri ke kanan: ATIV S, ATIV Tab dan ATIV Smart PC.

BERLIN, KOMPAS.com - Menjelang akhir tahun, pasar gadget menjadi semakin meriah dengan hadirnya beberapa gadget berbasis Windows 8 dan Windows Phone 8 dari Samsung.

Perangkat mobile yang menggunakan sistem operasi Windows 8 akan diberi nama ATIV ini, terdiri atas ATIV S (smartphone), ATIV Tab (komputer tablet), serta ATIV Smart PC dan ATIV Smart PC Pro (tablet dengan dock keyboard yang bisa dilepas).

Kehadiran mobile gadget dengan sistem operasi Windows ini tentunya akan memberikan pilihan lebih banyak kepada konsumen.

Namun tidakkah produk-produk ini akan berperang dengan berbagai gadget keluaran Samsung yang berbasis Android, yaitu seri Galaxy? Apalagi, mengingat penjualan perangkat Android saat ini tengah mengalami peningkatan di pasar ponsel maupun tablet?

Menurut Gregory Lee, President & CEO Samsung Southeast Asia, Oceania & Taiwan, Samsung tidak mengkhawatirkan persaingan antara perangkat dengan Ativ dengan Windows/Windows Phone 8 dan Galaxy dengan Android.

Banyak konsumen yang memiliki gadget dengan multi-platform, dan Samsung memberikan mereka kesempatan lebih luas untuk mencoba perangkat dengan platform yang baru.

"Kami tidak perlu meminta mereka untuk memilih; biarlah mereka yang memilih sendiri. Konsumen yang hanya memiliki perangkat dengan satu macam platform pun, bisa memutuskan sendiri apa yang mereka inginkan. Kami hanya menyediakan platform yang bisa menjadi pilihan," papar Lee, menjawab pertanyaan Kompas Tekno, saat bincang-bincang bersama media di pameran Internationale Funkausstellung (IFA), Messe Berlin, Jerman, Kamis (30/8/2012) lalu.

"Mengenai siapa yang akan memenangkan market share nantinya, itu baru bisa kita ketahui beberapa bulan mendatang," tambah Lee.

Menurutnya, saat ini ada peningkatan konsumsi komputer tablet secara besar-besaran. Hal ini menjadi tren secara global, tak terkecuali di Asia Tenggara. Ia yakin tren ini akan terus berlanjut, termasuk yang menggunakan sistem operasi Windows.

Peluang yang sama menurutnya juga akan didapatkan Smart PC, notebook yang bisa berubah menjadi tablet jika docking-nya dilepas. Maka, konsumen tidak hanya akan mendapatkan pilihan dari sisi platform, tetapi juga mobilitas, desain, maupun spesifikasinya yang lain.

"Jika saat ini Anda menggunakan Tab, kami memberikan Anda pilihan sistem operasi, yaitu Windows 8. Inilah Windows touch tablet yang pertama. Akan ada dua existing segment yang berbeda saat ini, dan kami ingin memenuhi kedua segmen tersebut," tegasnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X