Inilah Ongkos Produksi Sebuah iPhone 5

Kompas.com - 18/09/2012, 14:58 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com — Apple membanderol iPhone 5 16GB versi tidak terikat kontrak (unlocked) dengan harga 649 dollar AS. Kira-kira, berapa keuntungan yang diraih oleh Apple dari hasil penjualan sebuah iPhone 5 16GB?

Dikutip dari VentureBeat, UBM Tech Insight menganalisis kalau Apple harus mengeluarkan uang sebesar 167,5 dollar AS untuk memproduksi sebuah iPhone 5 16GB versi unlocked.

Menurut Tech Insight, komponen termahal yang terdapat di iPhone generasi ke-6 milik Apple ini adalah prosesor A6. Komponen yang diperkirakan memiliki empat inti ini diperkirakan dibanderol seharga 28 dollar AS.

Komponen termahal kedua yang ada di iPhone 5 adalah modem 4G LTE dari Qualcomm. Diperkirakan kalau modem ini memiliki harga 25 dollar AS.

Dari biaya total produksi dan juga harga yang ditetapkan, maka Apple akan mendapatkan keuntungan sebesar 481,5 dollar AS.

Keuntungan tersebut memang tidak seluruhnya masuk ke kas bank Apple. Mereka tetap harus membayar biaya pemasaran dan promosi iPhone 5 menggunakan sebagian dari keuntungannya tersebut.

Namun, sisa keuntungan yang didapatkan diperkirakan masih cukup besar bagi Apple. Sebagai bayangan, Apple mendapatkan pendapatan bersih sebesar 8,8 miliar dollar AS di kuartal lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut, KompasTekno hadirkan rincian perkiraan harga produksi iPhone 5, iPhone 4s, dan iPhone 4.

 

 

 

iphone5-costs-168

(gambar: UBM Tech Insight).

Berita terkait peluncuran iPhone 5 ini dapat diikuti dalam liputan khusus "iPhone 5".

Baca tentang


    25th

    Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X