Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Luncurkan Aplikasi BlackBerry untuk Reporter Warga

Kompas.com - 18/09/2012, 15:17 WIB

Kompas.comTampilan laman muka aplikasi K-Report

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekitar empat tahun yang lalu, tepatnya tahun 2008, Kompas.com memperkenalkan media warga Kompasiana.com yang kini menjadi media warga terbesar di Indonesia dan menjadi tempat untuk melaporkan berita versi warga.

Demi memperkaya konten dan keanekaragaman berita, Kompas.com kembali meluncurkan sebuah aplikasi untuk reporter warga di perangkat BlackBerry yang diberi nama K-Report.

K-Report adalah sebuah aplikasi reporter warga untuk melaporkan suatu kejadian atau peristiwa ke redaksi Kompas.com dan Kompas TV.

Tiap berita yang dikirim melalui aplikasi K-Report akan tayang dalam sebuah halaman situs web http://kreport.kompas.com dan berkesempatan tayang di Kompas TV bila berita yang dikirimkan dalam bentuk foto atau video setelah melalui moderasi.

Selain tampil di halaman situs web dan Kompas TV, segala berita dan informasi dari warga dapat dilihat langsung dalam menu "Lihat Berita" yang terdapat di dalam aplikasi yang memiliki tagline "Perangkat Reporter Warga Indonesia" ini.

Di dalamnya terdapat beberapa menu, antara lain yaitu

  • Home (laman muka)
  • Info (deskripsi singkat aplikasi K-Report)
  • Kirim Laporan (menampilkan laman "Kirim Laporan" yang berisi kolom "judul", "tulis laporanmu di sini", ikon unggah/rekam foto, ikon unggah/rekam video dan ikon uangah/rekam suara serta tombol "kirim")
  • Lihat Berita (menampilkan berita dan infomasi terbaru dari warga)
  • Tantangan (berisi tantangan yang dapat diikuti pengguna untuk melaporkan berita dengan tema tertentu)
  • Poin (menampilkan perolehan poin yang telah diperoleh pengguna)
  • Registrasi (Berisi beberapa kolom kelengkapan data pengguna)

 Berikut tutorial menggunakan K-Report:

  1.  Unduh aplikasi K-Report di BlackBerry Application World
  2. Install aplikasi K-Report di BlackBerry Anda
  3. Sebelum mengirimkan laporan, Anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu. Caranya, klik menu “Registrasi” dan isilah biodata Anda dengan data yang benar, lalu klik “Daftar”. Sampai sini, proses registrasi Anda berhasil dilakukan.
  4. Untuk mengirim berita, klik menu “Kirim Laporan”.
  • Tulis judul laporan Anda di kolom “Judul”.
  • Beri penjelasan dari peristiwa yang Anda laporkan pada kolom “tulis laporanmu di sini”.
  • Jika Anda ingin menambahkan foto/video/perekam suara dalam laporan Anda, klik salah satu ikon yang sesuai dengan jenis laporan. Penambahan foto/video/perekam suara ini bisa langsung menggunakan menu tersebut atau mengambil dari tempat Anda menyimpan data di BlackBerry.
  • Klik tombol “kirim” dan laporan Anda akan terkirim ke redaksi Kompas.com dan Kompas TV.

K-Report dapat diunduh gratis di BlackBerry Application World. Tim redaksi juga akan menantang Anda untuk mengirimkan berita dengan tema tertentu dengan sebuah tantangan yang akan diumumkan di laman situs web http://kreport.kompas.com .

Reporter warga dengan laporan atau berita terbaik akan mendapatkan hadiah dari Kompas.com di samping akan tayang di Kompas TV dan laman situs web K-Report.

Anda punya berita? segera unduh K-Report dan kirim berita Anda!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com