Kompas.com - 18/09/2012, 17:10 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Google dikabarkan telah mengakuisisi perusahaan pembuat aplikasi penyunting foto untuk perangkat mobile, Snapseed.

Seperti dilansir Reuters, Nik Software yang memproduksi beberapa aplikasi mobile, salah satunya Snapseed telah dibeli Google, dengan nilai yang belum diumumkan, Senin (17/9/2012).

Snapseed sendiri merupakan aplikasi penyunting foto yang cukup populer di kalangan pengguna smartphone berbasis iOS, Mac, dan Windows.

"Kami ingin memudahkan pengguna Google dalam membuat foto yang mereka sukai dan menurut pengamatan (aplikasi) yang dimiliki Nik merupakan yang terbaik," tulis Vic Gundotra, senior vice president Google, di sebuah posting Google+, seperti dikutip dari Reuters.

Langkah pengakusisian Snapseed ini dilakukan Google sepertinya untuk menyaingi Facebook yang telah resmi mengakusisi Instagram.

Saat ini, Google dan Facebook sedang sengit bersaing di  area jejaring sosial. Masing-masing melengkapi "senjata" untuk merebut hati pengguna perangkat mobile, salah satunya dengan aplikasi editing foto.

Dalam hal ini, Facebook telah selangkah lebih maju dengan pembelian Instagram senilai hampir 1 miliar dollar. Tak ingin kalah bersaing, Google pun mengakuisisi Snapseed.

Meski tidak sepopuler Instagram, Snapseed memiliki beberapa keunggulan dibanding Instagram yang dapat dimanfaatkan Google.

Salah satu keunggulannya, Snapsheed merupakan aplikasi favorit pehobi fotografi karena fitur-fitur editing foto yang dimilikinya cukup lengkap. Bahkan, banyak pengguna menyebut Snapseed sebagai (Adobe) Photoshop versi mini/mobile.

Selain itu, aplikasi ini tak dibanderol gratis seperti Instagram. Di (Apple) App Store, aplikasi ini dijual cukup mahal, 4,99 dollar AS. Meski dibanderol cukup mahal, Nik Software menyebutkan Snapseed sudah memiliki lebih dari 9 juta pengguna.

Pada 2011 lalu, Snapseed pun sempat mendapat penghargaan "iPad App of the year" untuk fitur yang dimilikinya, yaitu antarmuka multitouch penyuntingan foto.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.