Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft: Tablet Surface Dibanderol Rp 2,8-Rp 7,6 juta

Kompas.com - 19/09/2012, 07:28 WIB

KOMPAS.com — Pertama kali diumumkan, Juni lalu, Microsoft tidak memberikan informasi harga perangkat tablet Surface buatannya yang digadang-gadang menjadi pesaing iPad dan Ultrabook.

Namun, sekarang, CEO Microsoft Steve Ballmer telah memberikan sedikit bocoran mengenai harga final tablet tersebut, yaitu antara 300 hingga 800 dollar AS atau sekitar Rp 2,8 hingga 7,6 juta.

Selisih harga hampir 5 juta tersebut disebabkan karena Surface akan diluncurkan dalam dua versi berbeda. Tablet Surface RT yang berbasis ARM dan mengusung sistem operasi Windows 8 RT ditujukan sebagai lawan tablet Android dan iPad, sementara Surface Pro yang memiliki basis arsitektur x86 dan sistem operasi Windows 8 Pro bakal menyaingi Ultrabook. Keduanya memiliki ukuran layar 10 inci.

Seperti dikutip dari PC World, keterangan harga tersebut diperoleh The Seattle Times dalam wawancaranya dengan Ballmer Jumat (14/9/2012). Informasi baru tersebut mematahkan kabar sebelumnya yang menyebutkan bahwa Surface akan dibanderol mulai 199 dollar AS atau kurang dari Rp 2 juta.

Ketika ditanya soal persaingan dengan iPad dari segi harga, Ballmer mengatakan bahwa perangkat-perangkat tablet yang murah, khususnya yang berukuran 7 inci, "tidak mampu melakukan banyak hal dan penampilannya kurang bagus".

Menurut Ballmer, angka 300 hingga 800 dollar AS adalah titik ideal (sweet spot) untuk pasar PC.

Sebagai informasi, perangkat-perangkat tablet 10 inci yang beredar saat ini umumnya dibanderol mulai harga 4-jutaan, seperti Samsung Galaxy Tab 2 10.1 dan New iPad (versi 16 GB WiFI). Apabila benar, harga awal Surface sebesar 300 dollar tetap relatif lebih rendah dibandingkan dengan para pesaingnya itu.

Sementara itu, tablet Surface Pro yang menduduki puncak harga sebesar 800 dollar AS berada pada perbatasan level harga Ultrabook.  Dibandingkan dengan Ultrabook, tablet Surface Pro yang sudah dilengkapi keyboard ini diklaim lebih tipis dan lebih ringan. Ukuran layarnya memang lebih kecil (10.6 inci), tetapi kecepatannya diperkirakan sebanding dengan laptop.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com