Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 5 Dua Kali Lebih Kencang dari iPhone 4S

Kompas.com - 19/09/2012, 17:36 WIB

KOMPAS.com - Sebuah benchmark pertama dari smartphone Apple iPhone 5 beredar di Internet. Seperti dilansir oleh Cnet, dalam benchmark Geekbench tersebut, iPhone 5 memiliki skor sebesar 1,601.

Apabila benchmark tersebut memang benar dan akurat, maka skor iPhone 5 dua kali lipat lebih tinggi dari New iPad (skor 794) dan iPhone 4S (631), atau sesuai dengan klaim Apple bahwa prosesor A6 pada iPhone 5 "hingga dua kali lebih kencang" dibanding chip A5 pada iPhone 4S.

Frekuensi kerja (clockspeed) prosesor A6 milik iPhone 5 juga diketahui dari benchmark tersebut, yaitu 1 GHz, naik 200 MHz dari angka 800 MHz yang dipatok untuk prosesor A5 milik iPhone 4S.

Karena clockspeed A6 hanya berbeda sedikit dari pendahulunya, prosesor baru yang kabarnya merupakan kreasi Apple sendiri ini disinyalir lebih efisien dalam memproses instruksi.

A6 adalah prosesor Apple pertama yang dibuat dengan proses fabrikasi 32 nm yang memungkinkan konsumsi daya lebih hemat serta kinerja lebih tinggi dibandingkan prosesor generasi sebelumnya.

Hal lain yang diperkirakan turut berkontribusi pada kinerja iPhone 5 adalah digunakannya memori yang lebih kencang.

Nilai Geekbench dari iPhone 5 itu sedikit lebih tinggi dibandingkan smartphone Samsung Galaxy S III (prosesor quad-core Exynos 4412, 1.4 GHz) yang mencatat skor 1,588. Akan tetapi, hasil benchmark tersebut belum bisa dipastikan karena iPhone 5 juga belum dilepas ke tangan konsumen.

Hasil lengkap benchmark Geekbench iPhone 5 dapat dilihat di sini.

Berita terkait peluncuran iPhone 5 ini dapat diikuti dalam liputan khusus "iPhone 5".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com