Kompas.com - 20/09/2012, 18:04 WIB
Editorwawa

KOMPAS.com - Kemudahan yang ditawarkan belanja online membuat kita terbuai berlama-lama memilah dan memilih aneka barang di portal belanja. Lantaran terlalu bersemangat, tak jarang kita melakukan kesalahan fatal dan berujung kecewa. Simak kesalahan yang harus dihindari saat belanja online berikut ini:

1. Tergiur gambar.
Jangan langsung membeli karena tergiur dengan gambar yang bagus. Coba tanya ukuran, bahan, lingkar dada dan pinggul saat membeli baju misalnya. Tanya panjang detil saat membeli sepatu agar tak menyesal setelah membeli. Cocok dengan model yang terlihat bagus belum tentu cocok saat dipakai.

2. Terbuai diskon. Harga barang di toko online lebih murah dibandingkan harga pasar. Tunggu dulu, jangan mudah percaya dengan penawaran semacam ini. Jangan mudah terkecoh atau tergiur dengan diskon saat belanja online. Apalagi jika Anda menyeleksi portal belanja hanya dari diskon yang diberikan.

Sebaiknya pilih portal belanja yang kredibel dan terpercaya, sehingga diskon yang diberikan pun dapat dipertanggung-jawabkan, uang Anda pun tak terbuang sia-sia karena berbagai modus penipuan.

3. Tidak cek ongkos kirim. Harga barang murah tidak menjadi jaminan kantong Anda tak jebol dibuatnya. Seringkali pengguna situs belanja online tak memperhitungkan pengiriman. Kebanyakan hanya berpatokan pada harga jual. Sementara saat memasuki tahapan rincian belanja, ada biaya tambahan yang dikenakan, dalam hal ini biaya pengiriman yang bergantung pada wilayah.

Perhatikan secara seksama, biaya akhir yang harus Anda bayarkan dengan turut memperhitungkan ongkos kirim tersebut. Kalau masih satu wilayah, biaya pengiriman tak terlalu membebani. Tapi lain soal jika sudah antarpulau apalagi antarnegara. Pastikan biaya pengiriman tak melebihi harga jual barang.

(Majalah Chic/Equita)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.