Kompas.com - 22/09/2012, 15:15 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Keputusan Apple menggubah tampilan aplikasi clock di iPad dalam update iOS 6 ternyata membuat Perusahaan Kereta Federal Swiss (SBB) tersinggung. Pasalnya, desain jam pada update iOS 6 itu mirip dengan jam yang dijadikan trademark perusahaan tersebut.

Desain jam yang bersangkutan, seperti dilansir oleh CNET, dibuat oleh seorang pegawai SBB bernama Hans Hilfiker pada tahun 1944. Jam hasil rancangannya itu kemudian dipakai di stasiun-stasiun kereta di Swiss yang terkenal dengan ketepatan waktunya.

Desain jam ini dilisensikan pada Mondaine, pabrikan jam dari negeri yang sama.

Seorang juru bicara SBB mengaku senang Apple memakai desain jam milik perusahaan itu pada sistem operasinya, tetapi menambahkan bahwa langkah itu dilakukan tanpa izin. Sebagai akibatnya, perusahaan ini dilaporkan sedang menyiapkan aduan hukum.

Apple dikenal getol mempertahankan rancangan dan desain miliknya sendiri, termasuk tampilan jam, agar tak ditiru pihak lain.

Tahun 2009, Apple pernah mengirim surat pada developer aplikasi Tapbots -pembuat Tweetbit dan sejumlah aplikasi iOS lain-  berisi peringatan bahwa icon jam yang digunakan pada aplikasi pocket converter bikinan perusahaan itu terlalu mirip dengan icon jam pada aplikasi telepon milik Apple. Alhasil, Tapbot mengubah desain jam buatannya.

Belakangan, perlindungan Apple soal desain ini juga melebar ke penampilan dan rancangan fisik smartphone serta tablet miliknya. Dalam sengketa paten melawan Samsung, Apple memfokuskan gugatan pada kemiripan antara produk samsung dengan iPhone dan iPad. Bukan hanya dari segi hardware, melainkan juga tampilan aplikasi dan ikonografi yang digunakan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.