Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Kata Twitter Soal Apple dan Facebook?

Kompas.com - 24/09/2012, 14:45 WIB

( (Sebastian Nogier / European Pressphoto Agency / June 20, 2012 via www.latimes.com)


KOMPAS.com -
Selasa (18/9/2012) lalu, setelah memperkenalkan perubahan tampilan pada aplikasi Twitter untuk iPhone, iPad, dan Android, CEO Twitter Dick Costolo mengatakan bahwa perusahaannya menganggap Apple sebagai "mentor" atau guru.

"Dalam banyak hal, Apple adalah perusahaan yang menjadi mentor buat kami," ujar Costolo pada interviewer dari PBS, seperti dikutip oleh Mashable. Dia mangatakan bahwa kedua perusahaan menjalin "hubungan baik".

Sebaliknya, Costolo mendeskripsikan Facebook sebagai "perusahaan yang sangat berbeda".

Menurut Costolo, Facebook membangun jaringan yang simetris, sementara Twitter melihat dunia secara asimetris. Kedua jejaring sosial ini secara fundamental bertolak belakang dan saling bersaing memperebutkan pendapatan dari iklan.

Soal Android, Costolo berkata, "Mari kita lihat saja bagaimana proses evolusinya". Twitter, menurut dia, adalah perusahaan yang terutama berorientasi pada mobile.

Selain itu, Costolo juga mengatakan bahwa Twitter harus mengontrol user experience yang diberikan pada pengguna. Hari itu, diperkenalkan perombakan tampilan pada aplikasi Twitter untuk iPhone dan iPad berupa penambahan foto background untuk profil pengguna, mirip tampilan cover Timeline pada Facebook.

Tahun ini, Twitter menutup akses API oleh sejumlah perusahaan. Twitter juga diintegrasikan secara mendalam ke sistem operasi Mac OS X 10.8 (Mountain Lion) dan iOS 6 -mendahului Facebook.

Costolo ingin Twitter memiliki ekosistem yang besar seperti Apple, tetapi juga terkontrol dan terpusat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com