Review

Ponsel Game Terbaik, HTC One X atau Galaxy S III?

Kompas.com - 24/09/2012, 17:21 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat


KOMPAS.com
- Samsung Galaxy S III dan HTC One X termasuk dalam jajaran smartphone Android papan atas yang dilengkapi prosesor quad-core dengan subsistem grafis mumpuni.

Layar kedua ponsel ini pun bisa dibilang berkualitas sangat baik dengan ukuran besar dan resolusi tinggi.

Kedua hal tersebut membuat Galaxy S III dan One X tidak hanya ideal untuk digunakan bermultimedia seperti menjelajah internet atau menonton video HD, tetapi juga untuk bermain game.
galaxy_siii_gaming_game2
Smartphone berlayar lebar adalah alat bermain yang mengasyikkan (oik yusuf/ kompas.com)

Untuk keperluan ini, walau memiliki spesifikasi yang mirip dan dibanderol dengan harga yang mirip-mirip pula, Galaxy S III dan One X menggunakan  prosesor (SoC) yang berbeda. Galaxy S III memakai Exynos 4412 buatan Samsung, sementara HTC One X mengandalkan Tegra 3 dari NVIDIA.

Kedua prosesor sama-sama memiliki empat core CPU berbasis ARM Cortex A9, tetapi Exynos 4412 dan Tegra 3 menggunakan unit GPU berbeda. Kinerja kedua smartphone dalam menjalankan game pun berlainan meski tak bertolak belakang.

Nah, di antara dua andalan Samsung dan HTC ini, manakah yang lebih andal untuk menemani anda berpetualang dalam game favorit?

Sekilas Spesifikasi Teknis

specs

Selain prosesor dan bentuk fisik, poin perbedaan lainnya antara Samsung Galaxy S III dan HTC One X terletak pada ukuran dan jenis layar yang digunakan.

HTC memilih Super IPS LCD2 berukuran 4,7 inci, sementara Samsung memakai layar Super AMOLED 4,8 inci. Perbedaan jenis dan ukuran 0,1 inci di antara keduanya relatif tidak signifikan dan hanya terlihat ketika betul-betul diperhatikan.

Dengan besaran resolusi 1280x720, tampilan gambar di kedua layar pun sangat tajam dengan kontras dan saturasi warna yang tinggi.

galaxy_siii_gaming_unit2
Baik Galaxy S III maupun One X sama-sama mengusung layar lebar berkualitas tinggi, dimotori oleh komponen-komponen yang bertenaga di baliknya (oik yusuf/ kompas.com)

Untuk hal lainnya, kedua smartphone ini cenderung mirip. Kapasitas RAM sama-sama 1 GB, resolusi kamera 8 megapixel, bahkan dimensi fisik dan berat mereka berdua hanya berselisih tipis saja.

Dari sisi hardware, satu kelebihan yang dimiliki Galaxy S III dibanding One X adalah dukungan 4G LTE (untuk pasar tertentu) serta kapasitas storage yang bisa diekspansi dengan kartu micro SD hingga 64 GB. One X hanya menawarkan storage internal 32 GB tanpa slot memori.

Dalam hal gaming, kartu micro SD tentu akan membantu pengguna memindahkan file berukuran besar seperti foto atau video untuk menyisakan ruang dalam storage internal sehingga bisa diisi aplikasi game.

Terlebih lagi judul-judul game Android modern besarnya bisa mencapai ratusan megabyte sehingga dapat menghabiskan kapasitas penyimpanan dengan cepat.

Benchmark

Untuk mengukur tingkat kinerja game teoritis dari masing-masing smartphone, digunakan dua benchmark yang menitikberatkan pada pengujian grafis, yaitu GLBenchmark 2.5 dan RD 3D Benchmark. Berikut ini hasil pengujian singkat keduanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


    Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X