Kompas.com - 25/09/2012, 08:52 WIB
EditorReza Wahyudi

Justin Sullivan/Getty Images/AFP Apple Senior Vice President of Worldwide product marketing Phil Schiller announces the new iPhone 5 during an Apple special event at the Yerba Buena Center for the Arts on September 12, 2012 in San Francisco, California. Apple announced the iPhone 5, the latest version of the popular smart phone.
KOMPAS.com — Apple mengumumkan bahwa iPhone 5 telah mencatat rekor penjualan sepanjang sejarah perusahaan Apple.

Hanya dalam waktu tiga hari sejak penjualan perdana pada 21 September lalu, iPhone 5 telah terjual lebih dari 5 juta unit.

Prestasi ini melampaui penjualan perdana iPhone 4S pada 2011 lalu, ketika Apple berhasil menjual 4 juta unit iPhone 4S dalam waktu 3 hari.

Dengan capaian ini, iPhone 5 kembali mencatat rekor setelah sebelumnya menorehkan rekor untuk pemesanan awal (pre-order) sebanyak 2 juta unit hanya dalam waktu 24 jam.

Penjualan perdana iPhone 5 digelar di 9 negara, yakni Amerika Serikat, Australia, Kanada, Perancis, Jerman, Hongkong, Jepang, Singapura, dan Inggris. Di hari penjualan perdananya, iPhone 5 habis terjual di beberapa negara.

"Permintaan iPhone 5 luar biasa tinggi, dan kami bekerja keras untuk menghadirkan iPhone 5 ke tangan setiap pelanggan secepatnya," kata CEO Apple Tim Cook dalam siaran persnya, Senin (24/9/2012).

Dikutip dari portal berita Time, analis pasar Brian White dari Topeka Capital Markets mengatakan, sebenarnya Apple dapat menjual 6 juta sampai 6,5 juta unit iPhone 5 dalam tiga hari pertama. Ia mengatakan, kekurangan stok iPhone 5 ini disebabkan oleh jumlah pasokan yang terbatas.

iPhone 5 akan dijual di 22 negara pada 28 Oktober mendatang. Pada akhir tahun, smartphone ini akan menyambangi 100 negara lainnya.

Sejak diluncurkan pada 2007 silam, iPhone telah menjadi produk andalan Apple. Bagaimana tidak, penjualan iPhone sepanjang tahun 2011 lalu mencapai 53 persen dari seluruh pendapatan Apple. Sisanya, pendapatan Apple dikontribusikan dari iPad (20 persen), Mac (14 persen), iPod (5 persen), iTunes (4 persen), dan lainnya (3 persen).

Apple mencatat perolehan laba sepanjang tahun 2011 sebesar 13,06 miliar dollar AS atau naik 118 persen dari periode yang sama tahun 2010.

Berita terkait seputar iPhone 5 dapat diikuti dalam liputan khusus "iPhone 5".

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang



    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.