Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Tunjuk HTC Produksi 'Smartphone' Nexus 5?

Kompas.com - 25/09/2012, 12:15 WIB

KOMPAS.com - Setelah hingar bingar iPhone 5 hampir berlalu, perhatian publik akan beralih ke smartphone super lain yang paling dinanti.

Smartphone yang sebenarnya dinanti adalah Galaxy S4, namun Samsung telah membantah rumor peluncuran smartphone ini.

Lalu smartphone apa yang ditunggu-tunggu publik? Smartphone tersebut tak lain adalah Google Nexus. Google mempunyai tradisi merilis smartphone dengan nama Nexus setiap kali merilis Android versi terbaru.

Google selalu menggandeng vendor ponsel untuk memproduksi Nexus. Biasanya, Nexus selalu menjadi rebutan vendor ponsel, seperti Samsung, HTC, dan Motorola. Samsung sudah tiga kali ditunjuk memproduksi smartphone Nexus tersebut.

Untuk Nexus generasi selanjutnya, vendor ponsel asal Taiwan, HTC dikabarkan mendapat kehormatan memproduksi smartphone tersebut.

Seperti dilansir GSMArena, smartphone rancangan HTC ini dikabarkan sudah mulai diproduksi.

Smartphone yang akan dinamai Google Nexus 5 dan HTC One X 5 ini bakal menggunakan sistem operasi Android versi 4.1.2 dan akan memiliki desain super tipis.

Spesifikasi Google Nexus 5 ini bahkan sudah beredar di Internet. Smartphone ini disebut akan dibekali prosesor Qualcomm Snadragon S4, layar resolusi 1080p, kamera 12MP, baterai 2500mAh, dan internal memori sebesar 64GB.

Google Nexus

Nexus model pertama, Google menggandeng HTC untuk memproduksi HTC Nexus One. Perangkat ini masih mengimplementasi Android 2.2 atau Froyo untuk kali pertama.

Model kedua, Google menggandeng Samsung untuk memproduksi Samsung Nexus S, yang merupakan contoh implementasi Android 2.3 atau Gingerbread.

Model ketiga, Samsung kembali memenangkan proyek untuk memproduksi Galaxy Nexus dengan Android 4.0 Ice Cream Sandwich.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com