Kompas.com - 25/09/2012, 15:51 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Keputusan untuk membuang aplikasi Google Map dari iPhone dan iPad harus dibayar mahal oleh Apple.

Setelah merilis peta digital baru, Apple Maps di iOS versi 6, Apple menuai banyak kritikan dari pengguna perangkat mobile Apple.

Peta digital tersebut ternyata dikeluhkan tak dapat menampilkan detail peta yang informatif. Bahkan, beberapa pengguna melaporkan tersesat saat menggunakan Apple Maps sebagai panduan jalan.

Tak cukup mendapat komplain dari pengguna, Apple kembali mendapat pukulan telak terkait ketersediaan peta digital di perangkat mobile-nya.

Eric Schmidt, yang saat ini menjabat sebagai executive chairman Google, mengirim berita buruk untuk pengguna iPhone dan iPad.

Seperti dikutip dari Reuters, Eric membantah ketersediaan aplikasi native Google Map di (Apple) App Store.

"Kami belum melakukan apapun," kata Eric, sesaat sebelum meninggalkan acara peluncuran tablet Google Nexus 7 di Tokyo, Jepang, Selasa (25/9/2012).

Ini artinya, Google Maps yang telah teruji keakuratannya dan terbukti (saat ini) lebih baik dari Apple Maps, belum akan tersedia untuk iPhone dan iPad.

Bantahan langsung dari bos Google ini bertentangan dengan kabar yang beredar sebelumnya yang menyebutkan aplikasi Google Maps akan segera tersedia di iOS 6.

Meski demikian, pengguna perangkat iOS 6 masih bisa mengakses layanan Google Maps dari browser Safari. Namun, tentu saja fiturnya tak akan selengkap dan sebaik di aplikasi native.

Seperti diberitakan sebelumnya, atas "kekurangan" Apple Maps, Apple berjanji akan terus meningkatkan kualitasnya.

Salah satu langkah untuk merealisasikan janji tersebut, Apple sampai-sampai rela merekrut mantan pekerja Google Maps.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.