Kecewa Peta Digital Apple? Coba 4 Alternatif Ini

Kompas.com - 26/09/2012, 12:29 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

 

KOMPAS.com - Apple memutuskan untuk membuang Google Maps sebagai aplikasi bawaan di iOS versi 6. Sebagai gantinya, Apple membuat aplikasi sendiri bernama Apple Maps. Sayangnya, peta digital besutan Apple ini menuai banyak protes.

Informasi yang dihasilkan Apple Maps banyak yang kurang akurat atau bahkan salah sama sekali. Sementara itu, para pengguna perangkat mobile Apple masih terpaku pada keakuratan dan kelengkapan data di Google Maps yang sebelumnya hadir di iOS versi awal hingga versi 5.

Hingga kini Google belum jua merilis aplikasi mandiri Google Maps untuk iOS. Sambil menunggu kehadiran Google Maps, para pengguna perangkat mobile Apple bisa mengguna layanan peta digital lain.

1. Waze

Ini merupakan sebuah aplikasi navigasi sosial, yang bisa diunduh secara gratis di App Store.

Para pengguna Waze bahu-membahu mengirimkan informasi lalu lintas. Bisa jadi informasi seputar kemacetan, kecelakaan, perbaikan jalan, dan sebagainya, tentang kondisi lalu lintas di suatu wilayah.

Misalnya, Anda melaporkan kemacetan yang terjadi di jalan Kuningan, Jakarta, pada pukul 12 siang. Informasi yang Anda kirim ini bisa dibaca oleh oleh para pengguna Waze lain, dan menjadi acuan agar mereka tidak melewati jalan Kuningan pada jam yang sama. Sehingga, mereka bisa mencari rute lain untuk mencapai tujuan.

2. TomTom

Perusahaan pembuat peta digital dan navigasi TomTom, telah merilis aplikasi TomTom untuk iPhone dan iPad. Untuk peta dan navigasi South East Asia (termasuk Indonesia), aplikasi TomTom dihargai 69.99 dollar AS.

KompasTekno sempat menjajal dan menulis ulasan aplikasi TomTom untuk iPhone. Jika tertarik, Anda bisa membaca ulasannya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.