Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bona, Rong-Rong, dan Mombi Hadir di Smartphone dan Tablet

Kompas.com - 28/09/2012, 07:34 WIB

digital eight Screenshot game Bona dan Rong-Rong

KOMPAS.com - Sebagian besar orang Indonesia yang gemar membaca majalah sedari kecil pasti akrab atau pernah mendengar tentang Bona dan Rong-rong. Kini, gajah berbelalai panjang beserta kucing sahabatnya yang selalu hadir dalam majalah Bobo itu kini sudah diangkat dalam bentuk game mobile.

Dua tokoh dari masa kecil tersebut dihadirkan oleh Digital Eight, penerbit game yang bernaung di bawah Kompas Gramedia -Group of Magazine. Dalam game berjudul "The Great Adventure: Bona and Friends" ini, pemain berusaha memecahkan puzzle dengan logika dan kecerdasan berpikir.

"Tujuan pemain adalah membebaskan Bona, si gajah berbelalai panjang, yang diculik pemburu liar," ujar Game Division Manager Digital Eight, Adhityaswara Nuswandana alias Adit, di sela-sela acara peluncuran di Jakarta, Kamis (27/9/2012) lalu.

Menurut Adit, game ini memang ditujukan untuk anak-anak, walaupun tidak tertutup juga kemungkinan bagi orang dewasa untuk turut memainkannya. "Dengan memasukkan berbagai persoalan yang harus dipecahkan dengan logika, kami berharap bisa menghadirkan elemen edukasi dalam permainan ini."

Selain game Bona dan Rong-rong, Digital Eight yang didirikan sejak 7 Maret lalu ini juga merilis game "Mombi's Goal". Sesuai judulnya, dalam game, pemain berusaha mengantarkan tokoh utama dari majalah Mombi tersebut menjadi pemain bola yang andal. Caranya adalah dengan menghasilkan gol lewat sejumlah puzzle yang dipecahkan melalui perhitungan sudut pantulan bola.

Dua game ini adalah kreasi developer lokal Manticore Studio yang berkerjasama dengan Digital Eight selaku penerbit. "The Great Adventure: Bona and Friends" dan "Mombi's Goal" tersedia untuk platform iPad dan iOS. Harga kedua game ini belum ditetapkan, tetapi pihak  Digital Eight mengatakan bahwa masing-masing akan dibanderol dengan kisaran harga 4.99 dollar AS untuk versi iPad dan 2.99 dollar AS untuk versi iPhone.

Ada pula dua game client (online) buatan Korea yang dirilis Digital Eight, yaitu Giga Slave Indonesia yang merupakan game side-scrolling mirip seri Metal Slug pada Playstation, serta Knight Age Indonesia yang diklaim merupakan "Riding Fantasy Action MMORPG" pertama di Indonesia, di mana karakter pemainnya menuju medan perang dengan menaiki tunggangan.

"Dua game tersebut mengedepankan unsur multiplayer. Pada Giga Slave, misalnya, bekerja sama dengan pemain lain akan sangat mempermudah dan membuat permainan makin asyik," ujar Adit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com