Kompas.com - 30/09/2012, 05:28 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Gelaran tahunan kompetisi startup, Sparxup tahun ini bersiap mendekati tahap akhir. Sparxup adalah gelaran tahunan yang diadakan sejak 2010 dengan tujuan membangkitkan semangat industri teknologi dan perusahaan rintisan digital (startup) di Indonesia.

Seperti dikutip dari DailySocial, setelah melewati masa penjurian, terpilih 14 startup sebagai finalis Sparxup 2012.

Para pemenang ini masih akan memperebutkan dua tempat teratas dengan melakukan demo di acara puncak Sparxup, yang akan digelar pada Jumat (5/10/2012), di Plaza Bapindo, Jakarta.

Empat belas startup ini berpeluang menjadi pemenang utama dan memperoleh hadiah utama senilai Rp 150 juta.

Inilah para finalis kompetisi startup Sparxup 2012, dibagi per kategori: 

Yang berbeda pada kompetisi tahun ini adalah di cara penilaian pemenang. Para juri, tahun ini tidak menilai lagi berdasarkan slide presentasi, tetapi berdasarkan demo dan pitching yang dilakoni oleh masing-masing startup.

Juri-juri di acara puncak kompetisi startup Sparxup 2012 adalah Shinta Dhanuwardoyo (Nusantara Ventures), William Henley (IndoSterling Capital), Aulia Masna (DailySocial), dan Edi Taslim (Kompas.com).

Sparxup merupakan inisiatif dari tiga entitas: DailySocial, Kompas.com dan SemutApi, yang diharapkan bisa mempromosikan industri di Indonesia ke dunia internasional.

Rangkaian acara Sparxup akan dimulai tanggal 3 Oktober di Jakarta dimana akan dimulai dengan sesi Hackathon untuk para programer. Hackathon akan diadakan sepanjang malam sampai tanggal 4 Oktober.

Pada 4 Oktober, akan digelar Demo Day untuk finalis kompetisi startup dan peserta Hackathon. Sesi Demo Day akan terbuka untuk publik atau investor yang ingin melihat finalis Sparxup startup dan hacker secara langsung.

Puncak acara digelar pada 5 Oktober 2012 dengan Konferensi Sparxup dan Awarding Night. Acara sehari penuh ini akan dihadiri pembicara dari perusahaan seperti Foursquare, Evernote, NetPrice Jepang dan bahkan Microsoft.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.