Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Seperti ARM, Tablet Intel Bisa untuk Aplikasi Windows 7 dan 8

Kompas.com - 01/10/2012, 15:59 WIB

KOMPAS.com - Setelah cukup lama menyandang kode nama "Clovertrail", Intel kini telah memberikan nama resmi untuk andalannya di segmen tablet tersebut: Atom Z2760.

Prosesor ini akan ditanamkan di perangkat-perangkat tablet Windows 8.

Seperti yang ditunjukkan dalam acara peluncuran Kamis (27/9/2012) lalu di San Francisco, sejumlah pabrikan PC telah menyiapkan model tablet dengan prosesor Intel Atom Z2760, antara lain: 

  • Dell (Latitude 10)
  • Acer (Iconia W510)
  • Asus (Vivo Tab)
  • HP (Envy X2)
  • Lenovo (ThinkPad 2 Tablet)
  • ZTE (V98 tablet)

HP Envy X2_0
HP Envy X2 (gambar: The Next Web)

Karena menggunakan basis arsitektur x86 seperti pada komputer desktop, perangkat-perangkat tablet dengan prosesor Intel Atom Z2760 mampu menjalankan aplikasi Windows (desktop).

Tidak hanya terbatas pada aplikasi Windows 8 saja, tetapi juga aplikasi yang didesain untuk versi Windows yang lebih lawas, seperti Windows 7.

Hal ini menjadi salah satu poin keunggulan prosesor Intel Atom Z2760 dibanding pesaingnya, prosesor tablet berbasis ARM, yang akan dipasangi Windows 8 RT.

Sistem operasi tersebut terbatas hanya bisa menjalankan aplikasi-aplikasi yang dirancang untuk Windows 8 saja.

Acer Iconia W510 (1)
Acer Iconia W510 (gambar: The Next Web)

Keunggulan lain yang ditawarkan prosesor dengan angka konsumsi daya hanya 1,7 watt ini adalah daya tahan baterai yang lama, mencapai hitungan belasan jam.

Perangkat-perangkat tablet dengan prosesor Intel Atom Z2760 diharapkan bisa berfungsi layaknya tablet dan notebook (dengan docking keyboard) sehingga bisa menggantikan kedua perangkat tersebut.

Di dalammya, Atom Z2760 diperkuat dua inti CPU berkecepatan 1,8 GHz dengan GPU Power VR SGX 545 dengan frekuensi 533 MHz.

Harga tablet Atom dengan sistem operasi Windows 8 belum diketahui pasti, tetapi diperkirakan bakal berada di bawah kisaran 600 dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com