Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Western Digital Bikin Hard Disk Ekstra Lega

Kompas.com - 01/10/2012, 16:28 WIB

www.extremetech.com


KOMPAS.com - Kamis lalu produsen media storage Western Digital meluncurkan produk hard disk berkapasitas 4 TB (4000 GB) . Dua model yang tersedia mengusung jenis interface berbeda, yaitu SATA  6 Gbps dan SAS (Serial Attached SCSI) 6 Gbps.

Khusus model dengan interface SAS, disediakan kapabilitas dual-port. Baik model dengan interface SATA maupun SAS menggunakan 5 buah piringan yang masing-masing berkapasitas 800 GB dengan  kecepatan rotasi 7200 RPM. Berikut ini spesifikasi lengkapnya.

Oleh Western Digital, produk hard disk berkapasitas 4 TB ini diklaim merupakan pilihan ideal untuk "server, fasilitas storage, video kamanan, dan keperluan-keperluan lain yang membutuhkan kapasitas penyimpanan besar".

Lebih tepatnya, hard disk dengan ruang penyimpanan ekstra lega tersebut ditujukan untuk keperluan yang bersifat "nearline", di mana kapasitas penyimpanan besar dibutuhkan tetapi data tidak perlu sering diakses.

Nearline berada di antara keperluan "immediate access" pada komputer yang semakin didominasi oleh SSD, serta keperluan pengarsipan jangka panjang yang biasanya membutuhkan waktu lama untuk mengambil data.

Soal harga, Western Digital mematoknya di angka cukup tinggi, yaitu pada kisaran 459-479 dollar AS.

Sebelum ini, salah satu pabrikan hard disk lainnya, Hitachi, telah lebih dulu meluncurkan hard disk 4 TB pertama di dunia pada Desember 2011. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com