Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Kamera, Kodak Stop Jualan Printer Inkjet

Kompas.com - 02/10/2012, 10:18 WIB

Kodak.com
KOMPAS.com - Pada Februari 2012 ini, Kodak secara mengejutkan mengumumkan penghentian produksi kamera sebagai upaya mempertahankan unit bisnis mereka yang lain.

Setelah memotong unit bisnis kamera ini, Kodak pun mulai mengandalkan pendapatan dari lisensi merek, ritel online, layanan cetak foto, printer rumahan, kios eceran, dan laboratorium cetak foto.

Baru beberapa bulan fokus ke bisnis di luar kamera, Kodak kembali mengeluarkan keputusan mengejutkan. Kodak memutuskan untuk menghentikan produksi printer inkjet, yang biasa digunakan pengguna rumahan.

"Kodak sebelumnya mengumumkan niatnya untuk muncul sebagai perusahaan yang fokus pada solusi percetakan komersial, kemasan & fungsional dan jasa perusahaan, serta proses untuk menjual Personalised Imaging dan bisnis Document Imaging," kata Kodak, seperti dikutip dari Pocket Lint.

Bagaimana dengan nasib konsumen yang sudah membeli printer inkjet Kodak sebelumnya? Bagaimana jika tinta produk ini habis? Kodak tetap berkomitmen untuk menghadirkan tinta printer bagi para pengguna printer dengan merek Kodak ini.

"Konsisten dengan strategi tersebut, Kodak terus mengelola bisnis Consumer Inkjet untuk keuntungan, dan perusahaan hari ini mengumumkan bahwa, mulai tahun 2013, akan fokus pada bisnis penjualan tinta kepada pengguna yang sudah memiliki produk printer kami, dan mulai menurunkan penjualan printer inkjet untuk konsumer," lanjut Kodak.

Kodak rencananya tidak akan benar-benar berhenti dari bisnis printer tersebut. Mereka akan tetap bermain di bisnis printer komersil.

Kodak merupakan sebuah perusahaan dengan nama yang pernah besar di bisnis fotografi. Namun, perlahan bisnis mereka mulai turun. Produk mereka sudah mulai ditinggalkan karena banyak orang yang lebih memilih menggunakan ponsel dengan kamera untuk mengambil gambar. Mereka pun menyatakan diri akan fokus ke dunia printing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com