Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SanDisk Mulai Uji Coba CFast 2.0

Kompas.com - 02/10/2012, 14:06 WIB

Motorrad67 / en.wikipedia.org Kartu memori Compact Flash menyembul dari sebuah kamera DSLR.


KOMPAS.com - 
SanDisk mengatakan telah mengembangkan dan mulai mengujicoba spesifikasi CFast 2.0. Dengan spesifikasi ini, kartu memori CompactFlash (CF) akan lebih cepat 4 kali dari yang saat ini umum digunakan.

Shuki Nir, Senior VP dan General Manager Retail di SanDisk menyatakan bahwa penerapan CFast 2.0 akan membantu perkembangan dunia fotografi dan perekaman video profesional. Menurutnya, CFast 2.0 akan bisa digunakan di High Definition dan bahkan pembuatan film (sinema).

CFast 2.0 disebut mendukung aplikasi video dengan bandwidth antar muka lebih lebar dan Video Performance Guarantee lebih tinggi. Hal ini disebut cocok untuk produksi dengan kompresi menengah digital 2K/4K.

Teorinya, CFast 2.0 bisa menghantarkan data dengan tingkat 600MB per detik. Ini diyakini akan bermanfaat bagi fotografer yang membutuhkan kecepatan tinggi untuk menangkap foto resolusi tinggi, misalnya lebih besar dari 40 MP.

SanDisk sudah mulai melakukan uji coba kartu memori yang mematuhi spesifikasi CFast 2.0, dengan menggandeng produsen kamera untuk mengembangkan perangkat imaging generasi yang akan datang.

Spesifikasi CFast 2.0 sendiri merupakan spesifikasi terbuka dari CF Association. Spesifikasi ini boleh dikatakan bersaing dengan XQD yang juga diadopsi oleh CF Association. Baik CFast maupun XQD telah digadang-gadang sebagai penerus spesifikasi CF saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com