Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/10/2012, 14:06 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

Motorrad67 / en.wikipedia.org Kartu memori Compact Flash menyembul dari sebuah kamera DSLR.


KOMPAS.com - 
SanDisk mengatakan telah mengembangkan dan mulai mengujicoba spesifikasi CFast 2.0. Dengan spesifikasi ini, kartu memori CompactFlash (CF) akan lebih cepat 4 kali dari yang saat ini umum digunakan.

Shuki Nir, Senior VP dan General Manager Retail di SanDisk menyatakan bahwa penerapan CFast 2.0 akan membantu perkembangan dunia fotografi dan perekaman video profesional. Menurutnya, CFast 2.0 akan bisa digunakan di High Definition dan bahkan pembuatan film (sinema).

CFast 2.0 disebut mendukung aplikasi video dengan bandwidth antar muka lebih lebar dan Video Performance Guarantee lebih tinggi. Hal ini disebut cocok untuk produksi dengan kompresi menengah digital 2K/4K.

Teorinya, CFast 2.0 bisa menghantarkan data dengan tingkat 600MB per detik. Ini diyakini akan bermanfaat bagi fotografer yang membutuhkan kecepatan tinggi untuk menangkap foto resolusi tinggi, misalnya lebih besar dari 40 MP.

SanDisk sudah mulai melakukan uji coba kartu memori yang mematuhi spesifikasi CFast 2.0, dengan menggandeng produsen kamera untuk mengembangkan perangkat imaging generasi yang akan datang.

Spesifikasi CFast 2.0 sendiri merupakan spesifikasi terbuka dari CF Association. Spesifikasi ini boleh dikatakan bersaing dengan XQD yang juga diadopsi oleh CF Association. Baik CFast maupun XQD telah digadang-gadang sebagai penerus spesifikasi CF saat ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.