Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BUMI Siap Melawan

Kompas.com - 03/10/2012, 08:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Manajemen PT Bumi Resources Tbk (BUMI) menyatakan siap melawan siapa pun yang bermaksud merusak dan atau menguasai saham perusahaan pertambangan itu. Manajemen menegaskan kembali tidak ada hal yang perlu diinvestigasi karena semua laporan sudah ada dan disampaikan ke regulator nasional.

”Kami akan melawan siapa pun yang bermaksud merusak saham BUMI untuk menguasai. Termasuk pemegang saham yang berniat menghancurkan nilai perusahaannya sendiri. Itu bukan pemegang saham yang baik, “ kata Presiden Direktur PT Bumi Resources Tbk Ari Hudaya dalam paparan publik insidentil di Jakarta, Selasa (2/10/2012).

Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) dan Bursa Efek Indonesia meminta Bumi Resources menggelar paparan publik insidentil. Hal yang sama juga berlaku untuk PT Berau Coal Energy Tbk. Hal terkait pernyataan pemegang 29 persen saham Bumi Resources, yakni Bumi Plc tengah melakukan audit investigasi terkait dugaan penyimpangan laporan keuangan Bumi Resources. Bumi Pls menyatakan telah menyewa pengacara untuk memeriksa penghapusan dana pengembangan dan eksplorasi aset senilai 637 juta dollar AS.

Ari mengungkapkan, pihak Bumi Plc, yakni Nathaniel Rothschild, sudah meminta audit investigasi itu. Namun, permintaan itu dilakukan tanpa adanya koordinasi dan tanpa didiskusikan dengan manajemen. Rothschild malah mengumbar isu tersebut langsung kepada media massa internasional.

”Masalah pemegang saham (Grup Bakrie, Samin Tan, dan Nathaniel Rothschild). Saya sampaikan, kalau pemegang hancurkan saham sendiri, apakah mau hancurkan perusahaannya sendiri. Apa dia pemegang saham yang baik?” kata Ari, seraya menyatakan hingga kemarin belum mendapat konfirmasi dari pihak Bumi Plc terkait investigasi tersebut.

Ari juga menegaskan, selama ini Bumi Resources sudah melaporkan setiap transaksinya dan sesuai dengan audit kantor akuntan Mazars, laporan keuangan tahun 2011 mendapatkan status wajar.

Di tempat terpisah, Dirut PT Berau Coal Energy Tbk Rosan P Roeslani menegaskan, hingga saat ini tidak ada penyidikan independen Bumi Plc atas Berau Coal Energy. (EVY/BEN)

Ikuti Artikel Lainnya Dalam Topik  KISRUH BUMI

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com