Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/10/2012, 11:44 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Pada awal September lalu, tersiar kabar yang menyatakan kalau Samsung akan menuntut Apple kalau perusahaan tersebut merilis produk dengan kandungan teknologi mobile Long-Term Evolution (LTE).

Kini, beberapa saat setelah iPhone 5 hadir di pasaran, Samsung benar-benar mengajukan tuntutan mereka ke pengadilan AS.

Memang tidak disebutkan paten apa saja yang dituntut oleh Samsung kepada Apple. Namun, seperti dikutip dari The Next Web, kemungkinan besar Samsung menuntut Apple karena masalah LTE yang digunakan di iPhone generasi ke-6 tersebut.

"Kami memiliki sedikit pilihan, tapi tetap mengambil langkah yang dibutuhkan untuk melindungi inovasi dan hak kekayaan intelektual kami," kata perwakilan Samsung, seperti dikutip dari Reuters.

Dari berita sebelumnya diketahui kalau langkah Samsung ini bisa jadi merupakan upaya menekan Apple untuk melisensi paten LTE dari Samsung untuk menghindari tuntutan hukum. Sebagai gantinya, Samsung bisa melisensi sejumlah paten Apple terkait iPhone dan iPad.

Belum lama ini, Samsung dinyatakan bersalah oleh pengadilan AS. Perusahaan asal Korea Selatan tersebut dianggap bersalah dalam melanggar hak paten milik Apple. Oleh karena itu, Samsung diwajibkan untuk membayar denda sebesar 1 miliar dollar AS.

Sementara itu, Samsung telah mendapatkan kembali hak mereka untuk menjual Galaxy Tab 10.1 di AS. Pengadilan AS telah mencabut larangan tersebut dengan alasan perangkat tersebut tidak melanggar hak paten milik Apple.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.