Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Batal Menuntut Apple

Kompas.com - 03/10/2012, 12:41 WIB

KOMPAS.com — Beberapa waktu lalu, Motorola Mobility telah mengajukan gugatan paten kepada Apple, menuding Apple melanggar 7 paten milik Motorola.

Namun di tengah jalan, Google selaku induk perusahaan Motorola mencabut gugatan itu tanpa penjelasan, Senin (1/3/2012), di Komisi Perdagangan Internasional, AS.

Padahal, Komisi Perdagangan Internasional AS telah memberi pertanda akan melakukan investigasi atas gugatan Motorola, yang menuding Apple melanggar teknologi notifikasi e-mail, kontrol suara, video, dan fitur-fitur lain.

Kepada kantor berita Reuters, Google hanya mengatakan, "Seperti yang telah kami katakan sebelumnya, kami dengan penuh semangat akan terus membela mitra kami."

Sebelumnya, pada Agustus lalu, antara Apple dan Motorola sempat dikabarkan sedang dalam pembicaraan untuk menyelesaikan masalah hak paten. Namun, Google menyangkal spekulasi tersebut.

"Tidak ada kesepakatan antara Motorola dan Apple, tertulis ataupun lisan, tersurat ataupun tersirat, mengenai investigasi masalah ini," ungkap Google.

Dari dokumen yang diajukan di Komisi Perdagangan AS, Motorola memiliki hak untuk memperbarui kasus.

Menurut aktivis hak kekayaan intelektual Florian Mueller, Google memang sengaja mencabut gugatan sekarang, untuk mempertahankan peluang mereka agar bisa meraih kemenangan atas Apple di AS pada 2013.

Perang hak paten antara Apple dengan para produsen Android, berlangsung sejak 2010 lalu. Bukan hanya Motorola, Apple juga menggugat Samsung dan HTC.

Apple telah meraih kemenangan besar atas Samsung di AS, setelah menjalani persidangan selama sebulan di Pengadilan Federal San Jose, California. Dewan juri persidangan itu memutuskan, beberapa tipe smartphone keluarga Galaxy dari Samsung melanggar 6 dari 7 paten milik Apple. Samsung juga diminta membayar denda sebesar 1 miliar dollar AS.

Namun, keputusan ini belum "diketuk palu" oleh Hakim Lucy Koh, yang memimpin persidangan. Sidang dengar pendapat antara Apple dan Samsung rencananya digelar pada 6 Desember 2012. Pada kesempatan itu, Apple dikabarkan akan meminta larangan penjualan permanen produk-produk Samsung yang melanggar paten.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com