TV Samsung Bisa Tampilkan Dua Program di Satu Layar

Kompas.com - 08/10/2012, 07:49 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

 

KOMPAS.com - Samsung berkesempatan memamerkan televisi OLED dengan ukuran layar 55 inci di ajang Internationale Funkaustellung 2012 (IFA) yang berlangsung di Berlin, Jerman, beberapa waktu lalu. Perangkat ES 9500 itu merupakan TV OLED terbesar di dunia yang dipamerkan di ajang tersebut

TV dengan layar OLED menawarkan gambar yang lebih terang, dan tingkat kecepatan refresh dan kontras yang lebih baik daripada TV LCD atau Plasma.

Karena itu sistem OLED dianggap sebagai penerus LCD, dan digunakan dalam smartphone seperti Samsung Galaxy Note karena tampilannya lebih ringan, lebih tipis, namun lebih bandel.

(Baca juga: Ini Bedanya Layar LCD dan AMOLED di Ponsel)

Samsung OLED TV ES9500 berfokus pada penggunaan tiga warna subpixel RGB "True OLED", faktor yang membedakannya dari TV LED. Selain Multi View, teknologi OLED 3D-nya juga mampu membedakan variasi tingkatan warna-warna gelap, sehingga detail bayangan, bentuk, dan warna-warnanya bisa terlihat meskipun dalam adegan yang paling gelap.

Waktu tanggapnya yang lebih cepat bisa menghapus gerakan yang kabur, sehingga adegan action atau pertandingan olahraga tampak begitu hidup, lebih detail, dengan tampilan 3D yang mampu mencegah terjadinya efek gambar bertumpuk (crosstalk).

Dari segi penampilan, Samsung OLED TV memang sangat mengesankan. Saat pameran IFA, sembilan TV digantungkan di langit-langit, sehingga membuatnya dapat berputar dan menciptakan efek visual yang membuat pengunjung terpaku. Penempatan display semacam ini juga ditujukan agar desainnya yang supertipis jadi lebih terlihat dari segala sisi.

OLED TV ES9500
(FOTO: KOMPAS.COM/FELICITAS HARMANDINI)

Dua Acara, Satu Televisi

Pengunjung bisa langsung mempraktikkan fitur Samsung Multi View, yang dihasilkan berkat kecepatan pemrosesan yang tinggi dan sistem suara tanpa kabel yang inovatif. Dengan fitur ini pengguna bisa menampilkan dua acara yang berbeda pada waktu yang sama, pada layar TV yang sama. Dengan demikian, misalnya, dua orang bisa menonton televisi bersama tanpa perlu berebut acara yang diinginkan.

Agar suara masing-masing acara tidak saling mengganggu, Samsung menyediakan kacamata 3D Samsung Multi View dengan earphone yang terintegrasi. Pengguna juga bisa menggunakan kacamata 3D ini untuk mengatur channel yang diinginkan hanya dengan menekan tombol khusus pada gagang kacamata.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.